12.500 Buruh SBSI Jabar Dukung Paslon Hasanah Kang Hasan Janji Tingkatkan Kualitas Hidup Buruh

Minggu, 4 Maret 2018 | 18:02:43 | Penulis : bb1 | 303 Kali dilihat

Cagub Jabar No Urut 2 Tb Hasanuddin didampingi Ketua Umum DPP SBSI Prof Muchtar Pakpahan saat deklarasi dukungan SBSI Jabar kepada paslon Hasanah, di Graha Majalaya, Kabupaten Bandung, Minggu (4/3/18). by iwa/bbcom

MAJALAYA – Sebanyak 12.500 anggota Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (SBSI) di 15 kabupaten/kota Jawa Barat mendeklarasikan dukungan terhadap paslon Gubernur/Wagub Jaba nomor urut 2 Tubagus Hasanuddin-Anton Charlyan (Hasanah) di Pilgub Jabar 2018.

Dukungan tersebut dideklarasikan bersamaan saat SBSI Jabar menggelar Rapat Kordinasi Wilayah (Rakorwil) SBSI Jabar di Graha Majalaya, Kabupaten Bandung, Minggu (4/3/18).

“Bisa dicek di Dinas Tenaga Kerja Jawa Barat, anggota kami ada 12.500 di seluruh Jawa Barat. Kami sepakat dan secara aklamasi, sudah bulat untuk mendukung pasangan calon Gubernur/Wakil Gubernur Kang Hasan dan Kang Anton,” kata Ketua Umum DPP SBSI Prof. Dr. Muchtar Pakpahan, S.H., M.A. kepada wartawan usai deklarasi.

Terlebih, imbuh Muchtar, dalam Rakernas SBSI tahun 2017, sudah memutuskan bahwa pilihan poitik SBSI yaitu membangun mitra simbiosis dengan PDI Perjuangan.

“Jadi, otomatis setiap yang didukung PDIP di Tanah Air, kami ikut dukung. Yang kedua, saya sama Pak TB ini sudah kenal lama sejak tahun 1997, sehingga saya tidak perlu lagi istilahnya melakukan penjajakan ke yang lain dan kami sudah satu visi,” ungkapnya.

Pihaknya berpesan kepada Kang Hasan, bila terpilih jadi Gubernur Jabar agar obyektif tidak memihak ke salah satu pihak. “Kami juga meminta agar dana serikat buruh itu diadakan untuk dana pelatihan, dana advokasi, dana konsolidasi, apalagi saat ini kita bersaing di era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA),” sebut Muchtar.

Sementara Kang Hasan sebagai Cagub Jabar mengaku suprise atas deklarasi dukungan dari SBSI Jabar. Ia mengaku kehadirannya di kegiatan SBSI sebagai undangan.

“Saya datang ke sini sebagai undangan karena ada rapat SBSI Korwil Jabar, ternyata mereka juga bersepakat untuk mendukung pasangan Hasanah. Saya mengucapkan terima kasih dan tentu saya berjanji akan meningkatkan kualitas hidup, kesejahteraan dan keamanan bagi para buruh yang menjadi bagian dari bangsa ini,” ungkap Kang Hasan.

Ditanya soal permintaan dari kaum buruh khususnya yang tergabung dalam SBSI, Kang Hasan menyatakan ia siap memenuhinya jika terpilih jadi Gubernur Jabar. “Itu bisa dipenuhi, karena bagaimana pun tuntutan para buruh ini merupakan hal yang pokok,” tandasnya.

Lebih dari itu Kang Hasan juga mengaku punya kedekatan tersendiri dengan kaum buruh, sebab sejak dulu dirinya kerap berdiskusi dengan serikat buruh bila ada demonstrasi atau sekadar berdiskusi untuk mencari solusi soal tuntutan buruh.

“Seperti sama Bang Muchtar ini, saya dekat dengan beliau sejak saya masih di Garnisun Mabes TNI. Saya tanyakan ke Bang Muchtar apa tuntutan para buruh, lalu saya sampaikan langsung ke Pak Presiden waktu itu,” kenang Kang Hasan. []

Berita Terkait