15 Hari Jelang Asian Games, Jabar 100% Siap

Sabtu, 4 Agustus 2018 | 09:13:26 | Penulis : bb5 | 200 Kali dilihat

Sekda Jabar Iwa Karniwa bersama Kapolda Jabar Agung Budi Maryoto saat Apel Gelar Pasukan dalam rangka Pengamanan Asian Games XVIII Tahun 2018, di Lapang Gasibu, Jumat (3/8/18). by Humas Pemprov

BANDUNG – Puncak gelaran kompetisi olahraga terbesar se-Asia, Asian Games XVIII 2018 akan dimulai 15 hari mendatang. Sekretaris Daerah Jawa Barat Iwa Karniwa memastikan venue-venue di Jawa Barat sudah siap 100%.

Jawa Barat akan menyediakan venue untuk cabang olahraga (cabor) sepakbola di Stadion Pakansari Kabupaten Bogor, Stadion Patriot Kota Bekasi, Stadion Wibawamukti Kabupaten Bekasi, dan Stadion Si Jalak Harupat Kabupaten Bandung, venue road bicycle racing di Kabupaten Subang, venue Kano Slalom di Bendung Rentang Majalengka, venue Paragliding di gunung Mas Puncak Kabupaten Bogor, serta venue Mountain Bike Cycling di kawasan hutan Bunihayu Kabupaten Subang.

Sekda menuturkan, untuk venue sepak bola sudah rampung 100%, termasuk juga untuk tempat latihan. Menurutnya, tempat latihan cabor sepakbola akan berlokasi di sarana olahraga terpadu Arcamanik, yang juga dijadikan pusat pengendalian operasional Asian Games yang ada di Jawa Barat.

“Sepakbola itu di Jalak Harupat alhamdulillah perkembangannya sudah 100%. Sekarang lebih kepada keindahannya, baik itu rumput, kebersihan dan sebagainya. Itu untuk yang Jalak Harupat, Pakansari, Wibawamukti dan Patriot,” ungkap Iwa ditemui usai menghadiri Apel Gelar Pasukan dalam rangka Pengamanan Asian Games XVIII Tahun 2018, di Lapangan Gasibu, Jumat (3/8/18).

“Jadi untuk yang tempat sepakbola alhamdulillah sudah beres. Termasuk juga untuk tempat latihan. Pusat pengendali operasional yang ada di Jawa Barat itu di Sarana Pembinaan Olahraga Terpadu (SPOrT) Arcamanik, dan itu juga sekaligus untuk tempat latihan (cabor) sepakbola,” sambungnya.

Iwa juga mengatakan, venue Road Bicycle Racing sepanjang 145 km melalui rute Dolog-Purwakarta-Karawang-Jalan Cagak, sudah siap 100%. Begitupun dengan cabor Kano Slalom di Bendung Rentang Kabupaten Majalengka, persiapan sudah capai 100%.

Meski sempat terhambat pada masalah akses, namun saat ini kesiapan venue paragliding di Gunung Mas Puncak Kabupaten Bogor, sudah siap 100%. “Kemarin kan ada masalah akses jalan, sekarang sudah selesai, sehingga (venue) sudah siap untuk melakukan pertandingan,” ujar Iwa.

Terkait persiapan kirab obor Asian Games, Iwa yakin persiapan telah dilaksanakan dengan baik. Ia mengaku susah memantau persiapan kirab di bawah koordinasi Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat.

Rencananya, kirab obor Asian Games akan sampai ke Bandung pada 11 Agustus 2018. Dimulai dari GT Pasteur dibawa menuju Jalan Dr Djundjunan (Pasteur) kemudian naik ke Jembatan Pasupati. Selanjutnya obor akan turun melalui kawasan Balubur dan terus ke arah Jalan Badak Singa, dilanjutkan menuju Taman Gasibu, Gedung Telkom, Museum Pos Indonesia, Jalan Cimandiri, Jalan Cimalaya dan berakhir di halaman Gedung Sate.***

Berita Terkait