Bale KBBPeristiwa

18 Rumah Rusak Diterjang Puting Beliung di Parongpong

bb-Puting-BeliungPARONGPONG – Sebanyak 18 rumah di Kampung Sindangpalay RT 01 dan RT 02/ RW 08, Desa Cigugurgirang, Kecamatan Parongpong, Kabupaten Bandung Barat rusak akibat diterjang angin puting beliung, Selasa (18/7/16) sekitar pukul 17.00 WIB.

Berdasarkan laporan dari 18 rumah yang rusak itu ada enam rumah rusak parah pada bagian atapnya, sedangkan sisanya rusak ringan termasuk juga satu unit masjid. Peristiwa ini sebelumnya diawali dengan turunnya hujan disertai angin yang sangat kencang.

Salah seorang yang rumahnya menjadi korban Heni Yuliani (38) mengatakan atap rumahnya diterjang angin puting beliung yang membuat genting rumah pada beterbangan tersapu angin. “Saat kejadian kami kaget dan langsung keluar rumah dan melihat genteng pada beterbangan,” tuturnya.

Menurutnya kejadian tersebut berlangsung singkat yakni kurang dari lima menit. Namun dampak kerusakan yang ditimbulkannya sangat besar akibat putaran angin yang menyapu benda-benda yang dilaluinya. “Suara angin itu sangat keras dan berputar-putar dengan kencang,” sambungnya.

Korban lainnya, Tuti (80) menyebutkan jika angin kencang sempat masuk ke dalam rumahnya setelah menembus genting rumah. Bahkan dirinya sempat melihat putaran angin di dalam ruang dapur miliknya. “Seperti ada gempa bumi di mana tembok bangunan pun ikut bergetar,” kata dia. [fik]

Tags
Show More

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker