Bale KBBHumanioraPendidikan

273 Ruang Kelas SD di KBB Rusak Parah

kelas sekolah rusak di KBB. by ist
kelas sekolah rusak di KBB. by ist

NGAMPRAH – Sebanyak 273 ruang kelas SD di Kabupaten Bandung Barat kondisinya rusak parah. Jumlah itu berdasarkan data Pokok Pendidikan (Dapodik) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

“Totalnya ada 273 ruang kelas SD yang rusak total, 601 ruang kelas rusak sedang dan sebanyak 483 rusak berat,” sebut Kepala Bidang SD Dinas Pendidikan (Disdik) KBB, Jalaludin di Ngamprah, Senin (21/8/17).

Namun meskipun rusak total dan rusak berat, tukas Jalal, bukan berarti sama sekali tidak bisa digunakan. Kelasnya masih bisa dipakai walaupun tetap harus waspada dan dalam pengawasan.

Jika ada ruang kelas yang sama sekali sudah tidak bisa digunakan, maka proses kegiatan belajar mengajar (KBM) di sekolah tersebut akan diberlakukan sistem shift.

Dia menyebutkan, setiap tahun pihaknya selalu melakukan perbaikan. Untuk tahun ini saja ada 136 lokal yang diperbaiki. Anggaran yang digunakan bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) sebesar Rp 18 miliar dan itu untuk rehab ringan maupun total.

“Kami menargetkan perbaikan seluruh bangunan sekolah yang rusak bisa selesai pada tahun 2020 mendatang,” tandasnya.

Pihaknya berharap, perbaikan sarana sekolah diimbangi dengan kualitas tenaga pendidik yang bagus. Sehingga kondisi bangunan sekolah yang bagus berbanding lurus dengan kualitas para tenaga pendidiknya.

Selain itu Disdik juga sedang berupaya melakukan perbaikan bangunan sekolah dan meningkatkan kualitas tenaga pengajarnya. (dul)

Tags
Show More

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker