30 Unit Usaha Warga Andir Difasilitasi PT KAI

Rabu, 3 Agustus 2016 | 16:46:15 | Penulis : bb1 | 437 Kali dilihat

Wali Kota Bandung Ridwan Kamil rakor dengan PT KAI di ruang rapat Bandung Command Center, Rabu (3/8). by Humas Pemkot Bandung
Wali Kota Bandung Ridwan Kamil rakor dengan PT KAI di ruang rapat Bandung Command Center, Rabu (3/8). by Humas Pemkot Bandung

BANDUNG – PT Kereta Api Indonesia (Persero) akan menindaklanjuti permohonan dari Pemerintah Kota Bandung terkait penataan wilayah di Jalan Stasiun Barat, Kelurahan Kebon Jeruk, Kecamatan Andir. Para penduduk yang terkena dampak dari penataan bangunan di kawasan tersebut, terutama yang memiliki unit usaha, akan diupayakan lokasi usaha baru sementara. Sebanyak 30 unit usaha akan difasilitasi tempat oleh PT KAI (Persero).

Keputusan tersebut hadir usai rapat koordinasi antara Wali Kota Bandung Ridwan Kamil dengan pihak PT KAI di ruang rapat Bandung Command Center, Rabu (3/8/16). Keduanya sepakat untuk memberikan solusi yang sebaik-baiknya bagi kedua belah pihak.

“Untuk tempat tinggal, kita upayakan relokasi ke Apartemen Rakyat di Sadang Serang dan Rancacili. Sedangkan untuk tempat usaha, kita upayakan ada tempat sementara di sekitar stasiun,” ungkap Ridwan.

Sebanyak 53 kepala keluarga ber-KTP Kota Bandung akan ditempatkan di Apartemen Rakyat di Sadang Serang dan Rancacili. Jumlah tersebut belum termasuk penduduk yang ber-KTP di luar Bandung. Namun Ridwan ingin memprioritaskan warga Bandung untuk diberi pelayanan lebih dahulu.

“Kita prioritaskan dulu yang KTP Kota Bandung. Saya minta ke Distarcip (Dinas Tata Ruang dan Cipta Karya) untuk mengkaji proporsi pembagian tempatnya, berapa yang ke Sadang Serang, berapa yang ke Rancacili,” tutur Ridwan.

Sementara itu, proyek penataan akan terus dilakukan oleh PT KAI. Program terdekat adalah penataan ruas jalan di bagian belakang stasiun. Namun, proyek itu baru akan dilanjutkan usai permasalahan dengan warga selesai.

“Saya minta kalau bisa PT KAI jangan jalan dulu sebelum urusan ini selesai,” kata Ridwan yang disetujui jajaran PT KAI. Penyelesaian urusan penataan dengan penduduk sekitar ditargetkan selesai dalam waktu satu pekan.

Berita Terkait