Bale KBBPeristiwa

4 Rumah Ambruk, 1 Jembatan Putus Diterjang Longsor di Lembang

LEMBANG – Sedikitnya enam rumah warga Kampung Pangragajian RT 03 /RW 09, Desa Kayu Ambon Kecamatan Lembang Kab.Bandung Barat, rusak tertimpa longsor sekitar pukul 14.30 WIB, Kamis (13/12/18).

Dari kelima rumah tersebut, empat rumah diantaranya rusak berat karena ambruk milik Ayi, Budi, rumah milik Ondang warga Kampung Gadog RT 04/ RW 01 dan Dedi Jumati warga Kampung Genteng, RT 01/RW 18 Desa Jayagiri Lembang. Sedangkan dua lainnya mengalami kerusakan di bagian kamar mandi miliki Dedi dan Solihin.

Longsor juga mengakibatkan jembatan terputus di RT 02 RW 07 Kampung Sukamaju dan jalan menjadi rusak akibat gerusan air banjir dan terjadi pohon tumbang di Pusdik Ajen Lembang. Longsor juga memutus akses Jalan Gang Penghubung akibat tertutup material longsoran.

Ada dua korban luka berat bernama Iyan dan Ondang, serta empat orang lainnya mengalami luka ringan yakni Ayi, Rama, dan Kaka. Sementara korban jiwa nihil.

Menurut Kasi Tantrib Kecamatan Lembang, Amas mengungkapkan, longsor terjadi akibat dampak hujan lebat yang airnya tidak tertampung oleh drainase yang sempit dan dangkal.

“Sehingga air tumpah ke perkampungan warga yang berada di bawah, termasuk Sespim Pol Lembang juga tergenang banjir,” kata Amas.

Amas menambahkan, pihaknya telah melakukan koordinasi dengan kepala yang di wilayahnya terjadi musibah agar segera menugaskan RT. /RW dan masyarakat di sekitar kejadian, untuk segera melakukan pertolongan dengan membawa korban ke Klinik Sespim Polri.

“Kami bersama warga juga melakukan kerja bakti mengankat barang-barang milik korban dan di tempat aman, mengangkat material rumah yang masih layak pakai dan mengamankan di tempat aman,” kata Kasi Tantrib.

Warga juga mengangkat dan membersihkan lumpur di sekitar TKP, sambil mengantisipasi dikhawatirkan terjadi longsor susulan. “Sejauh ini kerugian dan korban lokasi masih dalam assesment,” pungkas Amas. ***

Tags

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close