7.000 Pramuka Meriahkan Jambore Pramuka Jabar

Monday, 31 July 2017 | 08:45:00 | Penulis : bb1 | 123 Kali dilihat

jambore pramuka jabar1JATINANGOR – Lebih dari 7.000 Pramuka Penggalang dari seluruh Jawa Barat sudah terdaftar dan segera memeriahkan Jambore Pramuka Jabar 2017 di Buper Letjen (Purn) H. Mashudi, Kiarapayung, Jatinangor, Kabupaten Sumedang mulai 31 Juli sampai dengan 5 Agustus mendatang.

“Jambore Daerah kali ini akan kita bikin beda dari jambore-jambore sebelumnya,“ kata H.R.M.Darojat Ali,S.Ip., MM., M.Si., Ketua Panitia Pelaksana Jambore Pramuka Jabar 2017, Minggu (30/7/17).

Memang, jambore daerah sebelumnya hanya mengundang beberapa regu dari setiap Kwarcab di Jabar. “Kali ini kita mengundang dua regu dari setiap Kwartir Ranting, di setiap kecamatan yang ada di Jabar,” lanjut pria yang akrab disapa Kak Ojat ini.

Menurut Kak Ojat. berbagai kegiatan akan diselenggarakan mencakup di 6 zona kegiatan yaitu Zona Petualangan, Zona Wahana dan Wisata, Zona GDV (Global Development Village), Zona Life Skill, Zona Satuan Karya Pramuka dan yang menarik adalah Zona Teknologi dan Multimedia. “Di zona-zona itu terdapat sub-sub giat yang banyak sekali seperti giat selam kebaharian sampai arung jeram. Kedirgantaraan pun kita sediakan,” kata Kak Ojat.

Sementara itu Ketua Kwarda Jabar Dede Yusuf M. Effendi, ST., M.Si mengatakan, “Jambore Pramuka Jabar kali ini bertemakan Kreatif Tanpa Manja. Tema ini sebagai upaya Pramuka Jabar agar para peserta bisa melatih diri, tidak dimanjakan zaman.”

Yang menarik, kata Kak Dede ini, di Jambore Daerah ini akan mengoptimalkan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi. Pendaftarannya pun secara online. Pramuka Jabar harus bisa menyikapi zaman, memanfaatkan teknologi dalam perannya yang bermanfaat untuk masyarakat. “Itu yang kami maksud agar giat Pramuka Jabar itu Katara, Karasa dan Karampa,” tutur Ketua Komisi IX DPR RI ini.

Berita Terkait