Bale JabarGaya HidupKesehatan

Akhirnya, Pemkab Bandung Raih Swasti Saba

Ketua FKBS Hj. Kurnia Agustina Dadang M. Naser (kedua kiri) bersama Ketua Forum Kota Bandung Sehat Atalia Ridwan Kamil didaulat jadi narasumber pada acara talkshow Kabupaten/Kota Sehat saat penyerahan Penghargaan Swastisaba Kabupaten/Kota Sehat, di Aula Barat Gedung Sate, Rabu (14/12). by Humas Pemkab Bandung.
Ketua FKBS Hj. Kurnia Agustina Dadang M. Naser (kedua kiri) bersama Ketua Forum Kota Bandung Sehat Atalia Ridwan Kamil (kiri) didapuk jadi narasumber pada acara talkshow Kabupaten/Kota Sehat saat penyerahan Penghargaan Swastisaba Kabupaten/Kota Sehat, di Aula Barat Gedung Sate, Rabu (14/12). by Humas Pemkab Bandung.

BANDUNG – Pemkab Bandung meraih penghargaan Swasti Saba Padapa Kabupaten Sehat untuk Tingkat Nasional.

Piagam dan piala penghargaan ini secara resmi diterima Wakil Bupati Bandung H.Gun Gun Gunawan, S.Si, M.Si dari Wakil Gubernur Jawa Barat H. Deddy Mizwar pada acara Penyerahan Penghargaan Swastisaba Kabupaten/Kota Sehat kepada 20 Kabupaten/Kota di Provinsi Jabar, di Aula Barat Gedung Sate Kota Bandung, Rabu (14/12/16).

Turut mendampingi Ketua Forum Kabupaten Bandung Sehat (FKBS), Hj. Kurnia Agustina Dadang M.Naser serta Tim Pembina FKBS Kabupaten Bandung.

Penghargaan Padapa merupakan tingkatan kategori yang dipilih oleh Kabupaten Bandung untuk dua tatanan yaitu Kawasan Pemukiman Sarana Prasarana Umum yang Sehat dan Kehidupan Masyarakat yang Sehat Mandiri.

Data Tim Pembina FKBS menyebutkan penghargaan nasional ini pun diraih Kabupaten Bandung pada tahun 2015 lalu. Sebenarnya pada tahun 2007-2009, Kabupaten Bandung pernah meraih penghargaan untuk kategori Padapa dan Wiwerda, tingkatan untuk 3-4 tatanan.

Namun karena di tahun 2009 Kabupaten Bandung mengalami bencana gempa bumi di wilayah Pangalengan, maka kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas kesehatan ini sempat terhenti.

Pada tahun 2015, Kabupaten Bandung mulai mengikuti lagi lomba Kabupaten Sehat untuk kategori dua tatanan (Padapa), dan 2017 mendatang Kabupaten Bandung akan diverifikasi pemerintah pusat untuk memperoleh penghargaan kategori Wiwerda dengan empat tatanan pilihan.

Dalam sambutannya Wakil Gubernur Deddy Mizwar menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya terhadap atensi, dukungan, kepedulian dan keberpihakan daerah dalam meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat di daerahnya masing-masing.

Wagub pun tak lupa menyampaikan apresiasinya atas terjalinnya sinergitas di antara seluruh warga sehingga masyarakat ikut terlibat dan berperan serta melalui suara forum kabupaten/kota sehat.

Sebagai wujud apresiasi atas prestasi tersebut, Pemprov Jabar menyerahkan penghargaan kepada 20 Kabupaten/Kota penerima predikat Swasti Saba untuk kategori Padapa, Wiwerda dan Wistara.

Penghargaan tersebut kata Deddy menjadi moment untuk terus mengevaluasi perkembangan seluruh kegiatan pembangunan kesehatan secara berkelanjutan.

“Penghargaan ini harus bisa meningkatkan motivasi bahwa hasil yang ingin dicapai dari program ini bukan hanya predikat Kabupaten/Kota Sehat, namun juga peningkatan inovasi, harmonisasi dan sinergitas pembangunan antara masyarakat dan pemerintah”, tandasnya.

Pada kesempatan itu Ketua FKBS Hj. Kurnia Agustina Dadang M. Naser bersama Ketua Forum Kota Bandung Sehat Atalia Ridwan Kamil didaulat untuk tampil sebagai narasumber pada acara talkshow Kabupaten/Kota Sehat.

Ketua Tim Pembina Kabupaten/Kota Sehat Provinsi Jabar Drs. Julianto mengatakan tampilnya Kurnia Dadang Naser dalam talkshow ini untuk berbagi pengalaman dan dinilai telah berhasil menampung aspirasi dan menggiring pemikiran warga Kabupaten Bandung untuk berprilaku bersih dan sehat.

“Selama proses pembinaan yang kami lakukan ke wilayah Kabupaten Bandung, banyak potensi, inovasi serta kreativitas pemerintah daerah dan warga yang saling bersinergis. Dan hal ini saya anggap cukup mendukung percepatan dalam menciptakan kondisi kabupaten yang aman, nyaman, bersih dan sehat,” ungkap Julianto.

Tags

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close