Aplikasi S-SIKAP Hadirkan Keadilan Bagi PNS

Senin, 1 Januari 2018 | 19:39:05 | Penulis : bb2 | 255 Kali dilihat

 Aplikasi Sabilulungan Sistem Penilaian Kinerja Pegawai (S-SIKAP)
Aplikasi Sabilulungan Sistem Penilaian Kinerja Pegawai (S-SIKAP). by Humas Pemkab Bdg

SOREANG – Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Kabupaten Bandung menggelar Launching dan Sosialisasi Aplikasi Penilaian Kinerja PNS Berbasis Elektronik, di Bale Sawala Soreang, Jum’at (29/12/17).

Aplikasi Sabilulungan Sistem Penilaian Kinerja Pegawai (S-SIKAP) adalah nama aplikasi yang dipilih Bupati Bandung H. Dadang M. Naser, S.H., S.Ip., M.Ip. dari beberapa alternatif yang diajukan BKPPD Kab Bandung. Sabilulungan sendiri merupakan kata yang ditambahkannya untuk menunjukkan semangat ‘urang sunda’ masyarakat Kabupaten Bandung.

“Saya menyambut baik dengan adanya S-SIKAP ini untuk menghilangkan kesan PNS yang rajin, malas, pintar sama penghasilannya. Bagaimana punishment bagi yang malas-malasan dan bagaimana reward bagi yang berprestasi dan berinovasi akan terlihat dari laporan di aplikasi ini,” jelas Bupati.

Era digital masuk di berbagai sistem kehidupan termasuk pada sistem tata kelola pemerintahan. Melalui pemanfaatan teknologi, dia menyebut aplikasi ini akan meningkatkan kualitas PNS dan pada gilirannya meningkatkan kepercayaan publik.

“Setiap PNS dituntut memiliki pemahaman segala aspek terkait penilaian kinerja berbasis elektronik ini agar tata kelola pemerintahan tetap mengacu pada visi dan misi Kabupaten Bandung,” tutup Dadang Naser.

Kepala BKPPD Kab Bandung Dr. H. Erick Juriara Ekananta, M.Si. menjelaskan aplikasi ini dibuat untuk menjadikan sistem penilaian kinerja PNS agar lebih objektif, terukur dan akuntabel. Selain itu juga bertujuan mengembangkan sikap disiplin dan tertib administrasi bagi PNS.

“Penilaian Kinerja PNS bertujuan memberikan pengawasan kepada PNS melalui penyusunan kegiatan setiap hari, bulan dan tahunnya. Sehingga nantinya pimpinan dapat mengawasi kegiatan yang dilaksanakan bawahannya secara lebih efektif dan objektif,” terang Erick.

Dengan launching ini pihaknya berharap dapat meningkatkan komitmen, kejujuran dan kedisiplinan masing-masing PNS khususnya di Kabupaten Bandung dalam mengisi laporan kinerjanya.

“Tentunya kita semua berharap aplikasi ini akan meningkatkan komitmen, kejujuran dan kedisiplinan seluruh PNS Kabupaten Bandung dalam pengisian laporan kinerjanya,” ucapnya.

Dalam launching dan sosialisasi yang diikuti para asisten, kepala perangkat daerah, kasubag umum dan kepegawaian dan para camat se-kabupaten Bandung tersebut, narasumber dari Konsultan Aplikasi Penilaian Kinerja PNS Titan Hadian, S.T. OCA menjelaskan meskipun para PNS membutuhkan waktu untuk membiasakan diri, namun ke depan akan memudahkan dalam pembuatan laporan kinerja pegawai.

“Aplikasi ini akan sangat membantu PNS dalam penyusunan SKP (Sasaran Kinerja Pegawai), dengan tahap awal yang mungkin akan terasa sulit karena belum terbiasa. Tapi nantinya akan sangat memudahkan dalam pembuatan laporan SKP karena di dalamnya sudah termuat secara detail mengenai laporan kinerja masing-masing pegawai baik harian, bulanan maupun tahunan,” urai Titan.