Bale JabarHankam

Arus Mudik Berlakukan Pola Ganjil Genap

Pemberlakukan sistem genap ganjil di Jakarta. by ist
Pemberlakukan sistem genap ganjil di Jakarta. by ist

BANDUNG – Direktur Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Jawa Barat Kombes Pol Tomex Kurniawan menilai jalur mudik di wilayah hukum Polda Jabar layak menggunakan pola ganjil genap, jika kajian dilakukan secara komprehensif dan mampu menjamin dampak resiko kecelakaan terpangkas.

Hal itu diutarakan Dirlantas Polda Jabar menanggapi rencana pemerintah pusat memberlakukan pembatasan kendaraan dengan metode Ganjil – Genap pada arus mudik Lebaran 2017 dengan target memangkas potensi penumpukan kendaraan.

“Jawa Barat adalah perlintasan. Dalam fokus pengoperasionalan ganjil genap, tentu ada tingkat pusat yang mengatur itu. Kenapa? Karena mengagetkan tiga wilayah yang bersinggungan, yaitu Jakarta, Jawa Barat dan Jawa Tengah,” ujar Tomex, Selasa (30/5/17).

Guna antisipasi arus mudik saat ini, imbuh Tomex, pihaknya memprioritaskan penanganan di jalur utara yang meliputi Tol Cikopo Palimanan (Cipali) dan ruas Jalan Pantura. “Kita fokus pada arus yang menuju Jawa Barat, Cipali, Pantura, Selatan kita persiapkan sedini mungkin untuk arus mudik dan balik. Kalau kita lihat tahun ke tahun, animo publik akan tinggi,” ujarnya.

Tomex menambahkan, peningkatan kendaraan pribadi pada arus mudik Lebaran 2017 akan meningkat 10% dengan dominasi kendaraan roda dua.

“Kalau kita lihat, antara lima sampai 10 persen dari jumlah pertumbuhan kendaraan yang ada. Roda dua itu yang kita himbau agar ikut angkutan umum atau mudik gratis menuju Pulau Jawa maupun Sumatera,” terangnya.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan dalam rakor antara instansi dan lembaga pemerintah dalam menghadapi mudik Lebaran 2017, muncul rencana pemberlakuan sistem ganjil-genap nomor seri kendaraan. Dengan sistem ganjil-genap ini diharapkan bisa mengurai kemacetan karena pemudik tidak langsung tumpah di hari yang sama.

Tags

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close