Bale CimahiPamong

Atalia Apresiasi Capaian IVA Test di Kota Cimahi

Ketua TP-PKK Jabar Atalia Praratya, saat recheking penilaian IVA Test atau deteksi dini kanker serviks, di Kelurahan Karangmekar Kota Cimahi, Rabu (31/10/18). by Humas Jabar

CIMAHI – Ketua Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Provinsi Jawa Barat Atalia Praratya Kamil, melakukan recheking penilaian IVA Test (Inspeksi Visual Asetar) atau deteksi dini kanker serviks, di Kelurahan Karangmekar Kota Cimahi, Rabu (31/10/18).

Iva test merupakan salah satu kategori yang dilombakan dalam rangka Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) dan Hari Kesatuan Gerak PKK tingkat Jabar 2018.

Atalia yang didampingi tim recheking Pokja IV PKK Jabar, mengapresiasi target IVA tes di Kota Cimahi dari 39.762 ibu, telah terealisasi sampai saat ini sebanyak 12.081 ibu. Khusus untuk di wilayah Karangmekar sejauh ini tidak ditemukan masyarakat yang terkena kanker serviks walaupun sampai sekarang dilakukan pemeriksaan.

“Saya bangga karena target IVA tes untuk Kota Cimahi dari 39.762 ibu sampai sekarang sudah terlaksana 12.081 ibu, dan di Kelurahan Karangmekar ini alhamdulillah tidak ditemukan yang terkena kanker serviks ya,” ucap Atalia.

Sosialisasi yang dilakukan kader PKK di Kelurahan Karangmekar juga dinilainya yang sudah cukup baik dilakukan. “Tadi juga saya melihat upaya sosialisasi terkait IVA tes ini sudah baik di Karangmekar, semoga bisa terus ditingkatkan,” ujarnya.

Atalia menuturkan, program PKK tidak lepas dari hasil Rakernas VIII tahun 2015. Untuk itu program yang dijalankan di tingkat kelurahan atau desa harus sejalan dengan program dari pusat, provinsi dan kota/kabupaten. Namun tidak menutup kemungkinan untuk berinovasi sesuai potensi daerahnya.

“Oleh pusat kita sudah dititipkan 5 program yang dilombakan, tetapi tidak menutup kemungkinan untuk berinovasi. Jadi silakan PKK setempat untuk melaksanakan lomba-lomba terkait kebutuhan yang ada di wilayahnya termasuk apa yang bisa didorong,” tuturnya.

IVA tes sendiri merupakan cara mendeteksi dini ada tidaknya kanker bahkan lesi prakanker di serviks wanita. Semakin dini diketahui maka makin baik.***

Tags
Show More

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker