Bale Kota Bandung

Atasi Sampah Cibiru, dari Biodigester Hingga Maggot

Camat Cibiru Didin Dikayuana dalam Bandung Menjawab di Media Lounge Bale Kota Bandung, Selasa (14/5/19). by Humas Pemkot

BALEKOTA, Balebandung.com – Kecamatan Cibiru punya berbagai cara untuk mengatasi persoalan sampah. Selain bekerja sama dengan PD Kebersihan untuk pengangkutan sampah, beberapa RW memilih untuk mengolahnya dengan biodigester.

Camat Cibiru Didin Dikayuana mengungkapkan, ada 3 buah biodigester di wilayahnya untuk mengelola sampah. Tiap biodigester digunakan oleh 3-4 RW. “Belum banyak, karena perlu lahan agak luas dan berada di pemukiman,” ungkap Didin pada Bandung Menjawab di Media Lounge Bale Kota Bandung, Selasa (14/5/2019).

Selain biodigester, beberapa RW juga membudidayakan maggot, jenis belatung kaya protein yang mampu memakan sampah organik. Selanjutnya, Maggot menjadi pakan ikan atau burung. “Belatungnya bisa dijual untuk pakan ikan, burung, dan ayam. Nilai gizinya bagus,” beber Didin.

Sebanyak 4 RW sudah membudidayakan Maggot. Ke depannya Didin berharap lebih banyak warga yang bisa memanfaatkan maggot untuk mengurangi sampah organik.

Namun tidak semua warga Cibiru mengolah sampahnya dengan bijak. Didin tidak menampik masih ada warga yang perlu pembinaan soal mengelola sampah. Sejumlah rumah tangga tidak ingin bekerja sama dengan PD Kebersihan untuk pengelolaan sampahnya.

“Kami tidak memungkiri, warga Cibiru yang di bagian atas yang di pedesaan ada yang belum bekerja sama dengan PD Kebersihan. Mereka membuang sendiri sampahnya. Ada yang dikubur atau dibakar. Kami sudah imbau, tapi belum bisa. Tapi tetap kita upayakan,” tandasnya.***

Tags
Show More

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker