BEM se-Kab Bandung Demo Pencemaran Citarum

Kamis, 29 Maret 2018 | 07:13:32 | Penulis : bb7 | 312 Kali dilihat

Aksi unjuk rasa para mahasiswa yang tergabung dalam Barisan Eksekutif Mahasiswa (BEM) se-Kabupaten Bandung, di depan Gedung DPRD Kab Bandung Soreang, Rabu (28/3/18). by aph/bbcom

SOREANG – Aksi unjuk rasa para mahasiswa yang tergabung dalam Barisan Eksekutif Mahasiswa (BEM) se-Kabupaten Bandung menyuarakan aspirasinya di depan gedung DPRD Kabupaten Bandung. Namun akibat terganjal perijinan, mereka hanya bisa demo di luar gedung DPRD Kabupaten Bandung.

Ketua Aksi BEM se-Kabupaten Bandung Ahmad Yani mengatakan, aksi terdiri dari sejumlah perwakilan mahasiswa se-Kabupaten Bandung. Mereka menyuarakan dukungan kepada Pemkab Bandung agar tak ragu menindak pengusaha yang nakal.

“Pengusaha nakal ini membuang limbahnya seperti air yang keluar dari mata air saja. Kami mahasiswa yang juga warga Kabupaten Bandung, jelas tak terima karena lingkungan jadi tercemar. Citarum yang bersih ternodai bahkan tercemar oleh pabrik yang nakal. Jadi kehadiran kami ke Pemkab Bandung hanya ingin menyampaikan terkait kotornya Citarum oleh ulah pengusaha nakal. Maka sebaiknya pemerintah menutup dan mencabut ijin pengusaha nakal itu,” tandas Yani kepada Balebandung.com Rabu (28/3/18).

Dikatakannya, berdasarkan hasil pemantauan di lapangan, pabrik rata-rata tak memiliki Instanlasi Pengolahan Air Limbah (IPAL), sehingga mereka dengan leluasa membuang limbahnya langsung ke Sungai Citarum. “Ini sangat memprihatinkan, Sungai Citarum sudah seperti sepiteng raksasa dan sudah jadi sungai terkotor di dunia,” beber Yani.

Sementara itu Kapolsek Soreang Kompol Richad Latue mengatakan aksi yang dilakukan para mahasiswa itu tidak memiliki ijin. Makanya pihak polsek tidak memperkenankan mereka masuk ke area Perkantoran Pemkab Bandung.

“Kami persilahkan mereka aksi di luar saja, karena mereka tak punya ijin,” kata kapolsek. Aksi tersebut tak berlangsung lama, namun petugas kepolisian tetap menjaga situasi tetap kondusif di lokasi unjuk rasa. (Aph)

Berita Terkait