Bios 44 Bisa Diterapkan di Program Gerakan Citarum Harum

Saturday, 6 January 2018 | 15:42:36 | Penulis : bb3 | 69 Kali dilihat

BIOS-kodimCIMAHI – Sebanyak 150 Babinsa dari perwakilan Korem jajaran Kodam III/Siliwangi sedang melaksanakan kegiatan Mobile Training Team (MTT) Binter guna memantapkan kemampuan Babinsa, di Aula Bima Makodim 0609/Kab. Bandung, Jumat (5/1/18).

Kegiatan bertema “MTT Sosialisasi Bios 44 sebagai Solusi Program Ramah Lingkungan guna mendukung Harum Citarum di Wilayah Kodam III/Siliwangi” ini dibuka Dandim 0609/Kab. Bandung Letkol Arh A. Andre Wira K, S.Ap., M.Si. Giat juga dihadiri oleh Pabanda Bakti TNI Siter Kodam III/Siliwangi Mayor Inf Asep, para Pasiter Korem jajaran Kodam III/Siliwangi dan Kasdim serta Danramil jajaran 0609/Kab. Bandung.

Usai pembukaan oleh Dandim 0609/Kab. Bandung dilanjutkan pemberian materi tentang Bios 44 oleh Kasiops Korem 044/Gapo Mayor Inf Andik Siswanto, S.IP. Dalam paparannya Kasiops menjelaskan, Bios 44 merupakan hasil temuan Tim Gator (Gapo Army Team Of Research) Korem 044/Gapo yang pada awalnya untuk membantu Pemerintah Daerah dalam penanggulangan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) khususnya lahan gambut yang sering terbakar di wilayah Sumsel.

Lebih lanjut Kasiops menjelaskan, Bios 44 adalah Bio Struktur (Dekomposer Gambut) yang merupakan agen hayati yang dapat mempercepat proses pembusukan material organik lahan gambut. Selain mengatasi kebakaran lahan gambut juga dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan produktifitas hasil pertanian, perikanan, perkebunan, peternakan dan juga dapat menetralisasi limbah serta menyuburkan lahan bekas tambang.

Nama Bios 44 bukan tanpa makna. Bios berarti Bio-Organisme dan 44 merupakan satuan Korem 044/Gapo. Setelah Bios 44 ditemukan, cita-cita membantu pemadaman kebakaran hutan di Sumsel juga terlaksana. Pada Juli 2016 Bios disemprotkan ke lahan gambut di wilayah Sumsel yang mudah terbakar. Setelah disiram Bios 44, lahan gambut menjadi subur. Bahkan bisa ditanami jenis tanaman lain. Lalu saat musim kemarau, lahan tersebut sudah terkunci dan tidak mudah terbakar. Cairan tersebut tidak berbahaya bagi manusia maupun makhluk hidup lain.

Dalam sosialisasi tersebut, terlihat para peserta sangat antusias mengikuti sosialisasi tentang Bios 44, karena Bios 44 dianggap sebagai formula yang multifungsi dan multimanfaat yang belum ada di luar Sumatera Selatan, sehingga para Babinsa berkeinginan untuk mengetahui tentang Bios 44 yang dapat digunakan sebagai sarana pembinaan teritorial di wilayahnya yang mayoritas masyarakatnya petani dan peternak.

Dandim 0609/Kab. Bandung Letkol Arh A. Andre Wira K, S.Ap., M.Si. menyampaikan, dengan adanya sosialisasi Bios 44 yang disampaikan oleh Kasiops Korem 044/Gapo ini dapat membantu pelaksanaan program penataan dan pembersihan DAS (Daerah Aliran Sungai) Citarum yang telah dicanangkan oleh Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Doni Monardo dalam Gerakan Citarum Harum.

“Dengan manfaat Bios 44 yang dapat meningkatkan produktifitas hasil pertanian, perikanan, perkebunan, peternakan dan juga dapat menetralisasi limbah, diharapkan dapat diterapkan dalam program Gerakan Citarum Harum,” terang Dandim.

Berita Terkait