Boga Gawe Hasanah Bisa Kurangi Pengangguran Hingga 50%

Selasa, 6 Maret 2018 | 15:30:29 | Penulis : bb1 | 236 Kali dilihat

Cagub Jabar no urut 2 Tubagus Hasanuddin (Kang Hasan) mengunjungi pengrajin keramik gerabah di Desa Anjun, Kecamatan Plered, Kabupaten Purwakarta, Selasa(6/3/18). by HMC

PURWAKARTA – Calon Gubernur Jawa Barat nomor urut 2 Tubagus Hasanuddin (Kang Hasan) melakukan kunjungan ke tempat pengrajin keramik gerabah di Desa Anjun, Kecamatan Plered, Kabupaten Purwakarta, Selasa(6/3/18).

Kunjungan yang dilakukan cagub Hasanah (Hasanuddin – Anton Amanah) ini dalam rangka mensosialisasikan BogaGawe yakni program unggulan untuk mengurangi pengangguran di Jawa Barat hingga 50%.

Seperti diketahui jumlah pengangguran saat ini di Jawa Barat mencapai 8,8 % dari jumlah usia kerja atau sekitar 2,5 juta sesuai dengan data Badan Pusat Statistik Jawa Barat.

Adapun langkah-langkah yang akan dilakukan dengan program BogaGawe menurut Kang Hasan adalah membangun SMK dan program setingkat diploma bidang keterampilan dan wirausaha yang disesuaikan dengan karakter daerahnya. Kemudian memberi ruang untuk tumbuhnya unit usaha mikro dengan memberi fasilitas modal, pelatihan dan marketing.

“Kita bisa mendorong Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) ke dalam proyek Pemerintah Provinsi Jabar untuk dapat menampung pekerja melalui program padat karya,” ungkap Kang Hasan, usai mengunjungi tempat pengarajin keramik gerabah di Kabupaten Purwakarta.

Kang Hasan yang berpasangan dengan calon wakil gubernur Anton Charliyan ini menambahkan, langkah lainnya adalah membangun potensi ekonomi baru melalui investasi di bidang perdagangan, jasa dan pariwisata, serta bekerjasama dengan negara lain dalam penempatan tenaga kerja terampil dan bersertifikat.

“Kita bisa membangun SMK dan program setingkat diploma dalam mengajarkan bidang ketrampilan dan wirausaha,” jelas Kang Hasan.

Seperti diketahui, Hasanah memiliki 7 program unggulan. Diantaranya BogaGawe , Jabar Seubeuh, Sakola Gratis , Imah Rempeg , Turkamling dan molotot.com .

Di tempat yang sama, pemilik pengrajin keramik gerabah, Dede mendukung penuh program BogaGawe dari paslon Hasanah. Sebab menurutnya program itu bisa mengembangkan potensi UMKM di Kabupaten Purwakarta dan Jawa Barat.

“Sebelumnya saya mengucapkan terimkasih atas adanya kunjungan dari Kang Hasan ke tempat saya. Saya pun mendukung program BogaGawe yang dimiliki Kang Hasan, karena bisa membuka lapangan pekerjaan dengan mengajarkan wirausaha,” ucap Dede. []

Berita Terkait