Bale Kab BandungPamong

BPBD Beri Pelatihan Rumah Siap Bangun Pasca Bencana

Pelatihan Rumah Siap Bangun Pasca Bencana BPBD Kab Bandung di Best Hotel Bandung, Senin (3/12/18). by Humas Pemkab

BANDUNG – Indeks Risiko Bencana Indonesia (Irbi) tahun 2016 menyatakan Kabupaten Bandung sebagai peringkat ke-12 daerah rawan bencana di Provinsi Jawa Barat. Sedangkan di tingkat nasional berada di peringkat ke 155 dengan skor 174 kelas risiko tinggi.

Selain itu, Kabupaten Bandung berdekatan dengan lempengan atau patahan lembang di Kabupaten Bandung Barat (KBB) dan posisi tersebut menjadi potensi bencana gempa tektonik yang sangat besar. Untuk itu masyarakat harus selalu waspada dan siap menghadapi kemungkinan terjadinya bencana.

“Daerah kita ini rawan terjadi bencana, selain kewaspadaan, masyarakat harus memiliki kemampuan untuk melakukan penanganan secara mandiri, baik pra bencana, saat terjadi, juga pasca bencana,” kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kab Bandung Akhmad Djohara saat Pelatihan Rumah Siap Bangun Pasca Bencana di Best Hotel Bandung, Senin (3/ 12/18).

Djohara menyampaikan, pelatihan Rumah Siap Bangun Pasca Bencana bertujuan agar masyarakat yang tinggal di daerah rawan bencana memiliki kemampuan dan pemahaman dalam pembangunan perumahan atau permukiman siap bangun pasca bencana terjadi.

“Pelatihan ini juga tentu saja untuk meningkatkan SDM masyarakkat, agar terbangun kemandirian dalam melakukan dan melaksanakan pembangunan gedung serta perumahan/permukiman yang lebih aman terhadap bencana yang terjadi di Kabupaten Bandung,” ujar Adjo, sapaan Djihara

Peserta Pelatihan Rumah Siap Bangun Pasca Bencana berjumlah 35 orang, yang terdiri dari para tukang atau pekerja di bidang bangunan dan berlangsung selama 3 hari dari 3 sampai 5 Desember 2019 .

“Pembangunan kapasitas ini pesertanya dari para tukang bangunan dari Kecamatan Rancabali, Ciwidey, Pasirjambu, Soreang, Kutawaringin, Banjaran, Pangalengan, Cimaung, Kertasari, Cimenyan, Rekan dari Forum MTB, Sekolah Rescue, Sibat (Siaga Bencana berbasis Masyarakat) Bojongsoang serta Satgas BPBD,” urai Adjo.***

Tags

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close