Bale Kab BandungPamong

Bupati Bandung Mau Ngabuburit di Jembatan Kamojang 24 Juni

Kamojang Hill Bridge by Bina Marga Kab Bandung
Kamojang Hill Bridge by Bina Marga Kab Bandung

SOREANG – Bupati Bandung H.Dadang M Naser SH.M.IPol bakal ngabuburit di Jalan Tembus Kamojang dan Jembatan Kamojang Kecamatan Ibun, Jumat, 24 Juni nanti. Bupati hadir di situ untuk meresmikan soft launching jalan dan jembatan yang juga dikenal masyarakat sebagai Jembatan Cukang Monteng dan diyakini bakal jadi jadi ikon baru Kabupaten Bandung tersebut

Dijadwalkan rangkaian acara akan diisi dengan pertunjukan kesenian dengan sajian pamungkas Pojok Si Cepot mulai pukul 16.00 WIB yang pertunjukannya digelar di tengah Jembatan Kamojang dan para penonton, termasuk bupati duduk berlesehan di jembatan.

“Dengan soft launching oleh Bapak Bupati ini kita ingin menunjukkan bahwa Jalan Tembus Kamojang dan Jembatan Kamojang sudah bisa difungsikan atau digunakan dan bisa dijadikan salah satu jalur alternatif arus mudik atau balik lebaran,” terang Kepala Bidang Jalan Dinas Bina marga Zeis Zultaqawa kepada Balebandung.com di ruang kerjanya, Rabu (15/6/16).

Zeis beralasan disebutkan soft launching lantaran jalan dan jembatan ini masih dalam tahap finishing sebelum dilakukan grand launching yang rencananya dilakukan 2017. “Tapi melihat animo masyarakat yang begitu antusias dengan hadirnya jembatan ini dan sudah layak digunakan, kemudian bertepatan dengan musim arus mudik, maka kita lakukan soft launching-nya dulu,” imbuhnya.

Penuntasan salah satunya terkendala keterbatasan anggaran yang tadinya akan menerima tambahan dari Pemprov Jabar sebesar Rp15 miliar, ternyata dibatalkan dengan alasan dana didahulukan untuk kepentingan PON XIX Jabar September mendatang.

“Jadi, total anggaran sebesar Rp80 miliar itu semuanya dari APBD Kabupaten Bandung. Yang tadinya mau mendapat anggaran tambahan Rp15 miliar dari Pemprov malah nggak jadi dengan alasan digunakan untuk kepentingan PON terlebih dahulu,” ungkap Zeis.

Kendati begitu pihaknya mengaku bersyukur karena jalan sepanjang 2,4 km selebar 20 meter dengan panjang jembatan 100 meter ini bisa jadi ikon dan destinasi wisata baru Kabupaten Bandung dan sudah bisa digunakan menjelang arus mudik lebaran.

“Sekarang masyarakat Kabupaten Bandung punya kebanggan baru dan merasa terhibur dengan adanya Jembatan Kamojang ini. Mereka banyak ngabuburit di situ dan berfoto-foto sambil menyaksikan view panorama Bandung di ketinggian jembatan. Ini bisa jadi salah satu obyek wisata andalan Kabupaten Bandung,” ujar Zeis.

Meski sudah layak difungsikan, imbuh dia, namun tetap diperlukan kehati-hatian para pengguna jalan dan jembatan agar jangan sampai memacu kendaraannya dalam kecepatan tinggi. “Tetap diperlukan kehati-hatian pengguna jalan, termasuk kondisi kendaraannya juga harus prima ketika akan melintasi jalan dan Jembatan Kamojang ini,” pungkas Zeis. [iwa]

Tags

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close