Bupati Bandung Sepakat PMP Diajarkan Kembali

Jumat, 30 November 2018 | 15:05:41 | Penulis : bb1 | 121 Kali dilihat

Bupati Bandung H. Dadang M Naser, SH., S.Ip., M.Ip memberikan penghargaan kepada Setia Rusmana, S.Pd.I sebagai Guru Honorer Berdedikasi pada upacara HUT Korpri, Hari Guru Nasional, Hari Kesehatan, Hari Bhakti PU dan HUT PGRI di Lapangan Upakarti Soreang, Kamis (29/11/18). by Humas Pemkab

SOREANG – Bupati Bandung Dadang M Naser mendukung penuh langkah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) yang akan mengajarkan kembali mata pelajaran Pendidikan Moral Pancasila (PMP) di sekolah-sekolah. Langkah tersebut dinilai sebagai upaya menanamkan Pancasila dan mencegah paham radikalisme di Indonesia.

“Saya setuju PMP itu diajarkan lagi ke siswa. Ideologi perlu ditanamkan melalui Pancasila dan Pancasila sudah final,” tandas bupati kepada wartawan di Soreang, Jumat (30/11/18).

Menurutnya, untuk mengantisipasi ideologi yang datang dari negara lain, maka ideologi Pancasila harus ditanamkan dengan baik sejak dini kepada siswa. Terkait mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan yang sudah ada, menurutnya hal itu bisa dikombinasikan dengan PMP.

“PKN dan PMP bisa diatur agar tidak tumpang tindihmateri,” ungkapnya. Dia mengatakan, PKN bisa lebih fokus membahas tentang ketatanegaraan dan PMP ke masalah ideologi Pancasila.

Dadang menambahkan mata pelajaran PMP ke depan diharapkan mengajarkan tentang moral dan karakter. Termasuk diantaranya mengajarkan toleransi dan cinta damai.

Sebelumnya, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan berencana memunculkan kembali pelajaran PMP. Menurut Mendikbud Muhadjir Effendy saat ini PMP sedang dalam pengkajian dan perlu ada hal yang diperbarui dari mata pelajaran tersebut. ***

Berita Terkait