Bale Kab Bandung

Bupati Minta Polri Tingkatkan Pengayoman Deteksi Dini

Wabup Bandung H. Gun Gun Gunawan menyuapi Kapolres Bandung AKBP Indra Hermawan saat syukuran Hari Bhayangkara ke73, di Gedong Budaya Sabilulungan Soreang, Selasa (9/7). by Humas Pemkab

SOREANG, Balebandung.com – Bupati Bandung H. Dadang M. Naser meminta pihak kepolisian untuk meningkatkan antisipasi masalah keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas). Permintaan itu disampaikan Bupati Dadang Naser mengingat luasnya wilayah dan jumlah penduduk Kabupaten Bandung yang cukup banyak.

“Harapan saya profesionalisme yang telah dilakukan Polri selama ini terus ditingkatkan, juga pengayoman terhadap deteksi dini pada masyarakat terus dikuatkan,” ungkap Bupati Dadang Naser usai bertindak selaku inspektur dalam Upacara Peringatan Hari Bhayangkara ke-73 di Lapangan Upakarti Soreang, Rabu (10/7/19).

Hal itu dititipkannya mengingat Kabupaten Bandung penduduknya mencapai 3,7 juta jiwa dengan wilayah yang cukup luas. “Tentu masalah kerawanan dan ancaman terhadap kamtibmas perlu diwaspadai, dideteksi dan dikoordinasikan kepada seluruh pihak,” imbuh bupati.

Menyikapi kerawanan dan ancaman terhadap kamtibmas, terutama terkait minuman keras (miras) ilegal, bupati mengatakan saat miras dikonsumsi akan berisiko munculnya tindak kriminal dan mengancam kamtibmas.

“Peredaran miras ilegal harus diberantas, karena miras itu salah satu pemicu munculnya berbagai macam tindak kriminal. Kita ingin wilayah kita bebas miras, narkoba, perjudian dan prostitusi,” tandas Dadang.

Sinergitas TNI/Polri, aparat pemerintah dan warga di lingkungan masing-masing yang telah terjalin selama ini menurutnya perlu terus ditingkatkan. “Terutama langkah antisipatif dalam rangka menjaga kondusifitas kamtibmas,” ucapnya.

Pada kesempatan yang sama, bupati juga menyematkan lencana penghargaan kepada anggota kepolisian yang telah menunjukkan jasa dan dedikasi dalam tugas dan fungsinya. Lencana tersebut di antaranya Anugerah Tanda Kehormatan Bintang Bhayangkara Nararia dan Satya Lencana Pengabdian 8, 16 dan 28 tahun.

Dalam amanat presiden yang dibacakannya saat menjadi Inspektur Upacara, Dadang Naser menyampaikan bahwa dalam sejarah pengabdian selama 73 tahun, Polri telah memberikan sumbangsih yang sangat besar. Baik dalam memelihara kamtibmas, penegakan dan perlindungan hukum, serta pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat.

“Kita semua juga telah menyaksikan berbagai prestasi yang telah diukir Polri, terutama dalam mengemban tugas sebagai pemelihara keamanan dalam negeri,” kata bupati.

Keberhasilan polri dalam penanganan terorisme, pemberantasan penyalahgunaan narkoba, pengungkapan kasus yang menjadi perhatian publik serta pengamanan berbagai agenda, baik nasional maupun internasional, telah mendapat apresiasi dari pemerintah, masyarakat maupun dunia internasional.

Peringatan Bhayangkara harapnya, bukan sekedar perayaan tapi juga momentum refleksi diri, guna meningkatkan optimalisasi pelaksanaan tugas dan fungsi polri sebagai pengayom masyarakat.

“Dengan refleksi diri, polri diharapkan tidak hanya melihat keberhasilan yang telah dicapai, namun juga menyadari kelemahan dan kekurangan. Kekurangan ini dapat menjadi tantangan bagi institusi polri, untuk melakukan perubahan ke arah yang positif,” ungkap Dadang.

Atas nama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung, ia menyampaikan rasa terimakasih dan mengucapkan selamat kepada polri. “Selamat Hari Bhayangkara yang ke-73, semoga polisi semakin jaya, semakin solid dan semakin profesional,” ucapnya.

Sementara itu Kapolres Bandung AKBP Indra Hermawan mengutarakan, rangkaian kegiatan Hari Bhayangkara tahun ini sudah dilaksanakan sejak bulan Juni. “Kami menyelenggarakan antara lain bakti sosial untuk lebih mendekatkan diri dengan masyarakat, bakti kesehatan di daerah Pangalengan, bakti religi yang kita fokuskan ke tempat-tempat ibadah dan setelah upacara ini dilanjutkan dengan syukuran di Gedong Budaya Sabilulungan,” urai Kapolres.

Selain lencana tanda bakti yang disematkan bupati, pihaknya juga akan menyerahkan berbagai penghargaan kepada beberapa anggotanya yang telah menunjukkan prestasi. “Selain kepada anggota, kami juga berikan penghargaan kepada masyarakat dan personil TNI yang selama ini telah bekerjasama dan bersinergi dalam menjaga stabilitas wilayah. Di Hari Bhayangkara ini, diharapkan jajaran kami dapat semakin baik melayani masyarakat dalam setiap even, khususnya di Kabupaten Bandung,” pungkas AKBP Indra.***

Tags

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close