Bale Kab Bandung

Bupati; RSUD BKKM Jabar Tidak Saingi RSUD Cicalengka

CICALENGKA, Balebandung.com – Bupati Bandung H Dadang M Naser menyatakan pihaknya menyambut baik pembangunan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Balai Keselamatan Kerja Masyarakat (BKKM) Provinsi Jawa Barat di Jalan Raya Rancaekek KM 27, Desa Nanjungmekar, Kecamatan Rancaekek, Kabupaten Bandung.

Karena itu menurutnya tidak perlu ada kekhawatiran terjadi persaingan, terlebih lagi RSUD BKKM Jabar ini pasiennya bukan dari kalangan umum, tetapi khusus bagi para buruh pabrik. “Jadi RSUD Cicalengka tidak mungkin tersaingi oleh RSUD BKKM. Untuk itu RSUD Cicalengka diharapkan terus memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan baik” tukas bupati saat kunjungannya ke RSUD Cicalengka, Jumat (17/5/19).

Kendati begitu bupati berpesan agar RSUD BKKM tetap fokus untuk mengurusi kesehatan kerja, kendati saat ini BKKM juga sudah melayani rawat jalan bagi warga.

“Saya mohon kebijakan provinsi kembali ke fungsi pokok. Dengan BKKBM yang semula merupakan klinik diubah menjadi RSUD Jabar, dikhawatirkan akan mematikan RSUD milik Kabupaten Bandung,” ucap Dadang.

Boleh jadi RSUD, kata Dadang, tapi harus tematik ketenagakerjaan yang melayani BPJS dan buruh pabrik di wilayah Rancaekek. “Pemprov jangan menyaingi daerah. Dengan RSUD tematik, maka keberadaan RSUD Cicalengka tidak akan terganggu. Karena masih bisa melayani masyarakat umum. “Untuk hal yang umum, berikan ke rumah sakit kami saja,” tutur Dadang.

Selain masalah persaingan, imbuh bupati, dengan adanya RSUD milik Pemprov di Rancaekek, berpotensi membuat iri pegawai kesehatan di Kabupaten. Menurut Dadang, Tunjangan Profesi Pegawai (TPP)Pemprov lebih tinggi dari Kabupaten Bandung, sehingga bisa menimbulkan kesenjangan.

“Nanti pegawai kami pada iri atau pindah ke Provinsi karena terlalu berdekatan, sementara TPP berbeda. Kalau menyesuaikan, APBD kami akan berat, kata dia.

RSUD Cicalengka harus diharapkan meningkatkan kualitas dan peralatan medis bila tidak ingin ditinggalkan masyarakat. Hal tersebut, berkaitan peningkatan status BKKM Jabar menjadi RSUD Jabar di Jalan Raya Rancaekek KM 27. RSUD BKKM Jabar ini berdiri sekitar dua tahun yang lalu. Sementara tidak jauh dari lokasi BKKM, berdiri RSUD Cicalengka yang hanya berjarak sekitar satu kilometer.***

Tags

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close