Bupati Tetapkan PD BPR Berubah jadi PT BPR Kertaraharja

Rabu, 10 Juni 2015 | 15:23:04 | Penulis : bb1 | 1018 Kali dilihat

LOGO PT BPR KERTA RAHARJASOREANG – Perusahaan daerah (PD) BPR (Bank Perkreditan Rakyat) Kabupaten Bandung menjadi PT (Perseroan Terbatas) BPR Kertaraharja sejak 7 April 2015 lalu.

Perubahan hukum dari PD menjadi perseroan terbatas PT sengaja dilakukan Pemkab Bandung, agar BPR mampu bekerja lebih profesional dan siap bersaing dengan institusi perbankan lainnya.

“Masuknya pasar global tentunya berdampak terhadap semakin sengitnya persaingan usaha di berbagai bidang, termasuk di dalamnya bisnis perbankan. Jika kita terus bergelut dengan status perusahaan daerah, ini akan menyulitkan. Oleh karenanya saya berketetapan hati agar PD BPR ini diubah statusnya menjadi PT BPR Kertaraharja,” ucap Bupati Bandung H. Dadang Mochamad Naser saat launching PT BPR Kertaraharja di Gedong Budaya Sabilulungan (GBS) Soreang, Rabu (10/6/15).

Dadang mengingatkan, potensi ekonomi yang dimiliki Kabupaten Bandung demikian melimpah, mulai dari pertanian, peternakan, pariwisata, tekstil dan produk tekstil, di samping usaha ekonomi kreatif lainnya. Potensi ini menurutnya harus menjadi peluang bagi BPR untuk pengembangan usaha.

“Untuk menangkap peluang ini, tentunya perbankan mesti memiliki kreativitas untuk menjual produk unggulannya, sehingga mampu menarik calon nasabah. Dan saya percaya BPR Kertaraharja mampu melakukan itu,” kata bupati.

Sebagai salah satu BUMD (Badan Usaha Milik Daerah) Kab Bandung, PT BPR Kertaraharja kata Dadang Naser, punya peran untuk membantu pemerintah daerah dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat, di samping turut merumuskan gagasan menggali potensi daerah secara maksimal.

“Dan yang lebih penting mampu bersinergi dengan program yang tengah dilaksanakan oleh pemerintah daerah,” tegasnya.

Berita Terkait