Cuaca Ekstrim, Evakuasi 6 Pohon Tumbang di Ciwidey Sempat Tertunda

Friday, 1 December 2017 | 16:30:52 | Penulis : bb1 | 102 Kali dilihat

 Akibat cuaca ekstrim hujan deras disertai angin kencang, sedikitnya enam pohon tumbangdi sepanjang di Jalan Raya Ciwidey-Rancabali sekitar pukul 00.15 WIB, Jumat (1/12/17). by Humas Polres Bdg
Akibat cuaca ekstrim hujan deras disertai angin kencang, sedikitnya enam pohon tumbangdi sepanjang di Jalan Raya Ciwidey-Rancabali sekitar pukul 00.15 WIB, Jumat (1/12/17). by Humas Polres Bdg

CIWIDEY – Akibat cuaca ekstrim hujan deras disertai angin kencang, sedikitnya enam pohon tumbang di sepanjang di Jalan Raya Ciwidey-Rancabali sekitar pukul 00.15 WIB, Jumat (1/12/17).

Tidak ada korban jiwa maupun luka dalam bencana ini dan kerugian materil belum ditaksir. Namun proses evakuasi pohon-pohon tumbang di sepanjang jalan itu sempat tertunda beberapa jam.

Kapolsek Ciwidey AKP Dwi Nugroho Saputro, S.IK. mengatakan sebanyak 20 personil gabungan dari Polsek Ciwidey, Damkar, BPBD dan Kecamatan Ciwidey ikut membantu menyingkirkan pohon tumbang.

Namun saat tim evakuasi sudah tiba di lokasi, kata Kapolsek, angin yang sangat kencang, hujan deras, dan ranting-ranting yang beterbangan, sehingga proses evakuasi belum bisa dilaksanakan.

“Kami tunda dulu proses evakuasi pohon, berhubung cuaca yang tidak memungkinkan dan juga merupakan hasil kesepakatan pihak Polsek dan instansi terkait. Evakuasi ditunda sampai hujan reda dulu,” kata Kapolsek.

Musyawarah Pimpinan Kecamatan (Muspika) Ciwidey pun melakukan APP kepada seluruh tim yang ada di TKP, menimbang kondisi cuaca di TKP dan faktor keselamatan petugas di mana di TKP angin sangat kencang.

“Dari pelaporan warga, jumlah pohon tumbang sampai dengan saat ini ada enam titik di sepanjang Jalan Raya Ciwidey – Rancabali,” sebut AKP Dwi.

Kemudian tim memutuskan untuk melaksanakan proses evakuasi setelah angin dan hujan sedikit mereda. Tim pun berkoordinasi dengan pihak management MT Highland Resort untuk menggunakan ruang pusat informasi dan menjadikannya sebagai posko sementara (Safe House), tempat untuk koordinasi tim, sebelum tim berangkat ke titik-titik pohon tumbang.

Setelah cuaca cukup memungkinkan, personil Polsek Ciwidey, BPBD, Diskar dan Kecamatan Ciwidey dan Rancabali bahu membahu menyingkirkan pohon yang tumbang.

Berita Terkait