Bale Kab BandungPeristiwa

Dalam Sepekan, Diskar PB & Rescue Kab Bandung Evakuasi 5 Sarang Tawon

Tim Rescue Diskar PB Kab Bandung Pos Ciparay saat mengevakuasi sarang tawon dari sebuah pohon di rumah milik Ny Pipin, warga Kampung Cijunti RT.03/RW.06 Desa Padaulun, Kec majalaya, Kab Bandung, Sabtu (29/12/18). by Diskar PB Kab Bandung.

SOREANG – Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Diskar PB) Kabupaten Bandung kini bukan sekedar berperan memadamkan kebakaran, tapi juga upaya rescue lainnya. Seperti evakuasi pohon tumbang, evakuasi korban banjir, penyelamatan hewan yang terjebak, hingga evakuasi sarang tawon.

Kepala Bidang Pemadaman, dan Penyelamatan Diskar PB Kab Bandung M Iwan Djayakusumah mengaku Hampir setiap hari, Diskar PB Kabupaten Bandung menerima permohonan bantuan dari masyarakat melalui call center 113 untuk segala jenis urusan.

“Kita tidak cuma kebakaran, tapi ada juga animal rescue, mobil tikusruk ka sawah, termasuk evakuasi sarang tawon. Seperti pohon tumbang itu sebenarnya tugas UPT Pertamanan, tapi masyarakat lebih mudah menghubungi Diskar melalui call center 113. Karena masyarakat tahunya 113, ya kamilah yang menangani,” ungkap Iwan kepada Balebandung.com di Soreang, Rabu (2/1/19).

Selain soal kebencanaan, imbuh Iwan, beberapa kali pihaknya diminta bantuan untuk menyelamatkan kucing yang terjebak, ular masuk ke rumah warga, hingga evakuasi sarang tawon.

Iwan bilang, warga sudah menganggap petugas Diskar yang paling tepat dihubungi untuk evakuasi sarang tawon, karena sudah terlatih dan punya baju Alat Pertahanan Diri (APD). Apalagi jika sarang tawon itu tergantung di gardu listrik.

“Itu juga bagian dari tugas kami, untuk melakukan perlindungan dan penyelamatan atas dasar kemanusiaan. Karena kalau sampai dibiarkan, tawon itu bisa menyengat warga dan kerugiannya sangat besar. Bayangkan kalau yang disengat itu kepala keluarganya, kan jadi tidak bisa mencari nafkah untuk keluarganya. Jadi, sekecil apapun laporan masyarakat, meski cuma sarang tawon, ya kita turun tangani,” tutur Iwan.

Sepanjang tahun 2018 lalu, imbuh Iwan, Diskar PB Kab Bandung memang disibukkan menangani berbagai kejadian kebencanaan dan penyelamatan di wilayah Kab Bandung.

Selain memadamkan kebakaran, tercatat ada 160 kejadian penyelamatan yang ditangani oleh dinas tersebut. Khusus untuk penyelamatan evakuasi sarang tawon di permukiman warga, pada Desember 2018 saja tercatat ada 5 penyelamatan dilakukan oleh Rescue Diskar Kab Bandung;

1. Evakuasi sarang tawon di Perum Parahyangan Kencana Blok K12 No. 16 Desa Pananjung Kecamatan Cimenyan Kabupaten Bandung, (Rescue Soreang), Selasa, 25 Desember 2018.

2. Evakuasi sarang tawon di Kampung Bumi Asri Jl. Suka Asri III No. 13 RT 7 RW 5 Desa Padasuka Kec Cimenyan Kab Bandung, (Rescue Soreang) Rabu, 26 Desember 2018

3. Evakuasi sarang tawon di Komplek Bumi Asri Kopo Blok 1 No 150 Desa Mekar Rahayu Kec Margaasih Kab Bandung, (Rescue Soreang), Kamis, 27 Desember 2018.

4. Evakuasi sarang tawon di wilayah Zona Pos Ciparay Kab Bandung, (Pos Ciparay), Jumat, 28 Desember 2018.

5. Evakuasi sarang tawon di Kampung Cihareyhey Cijunti RT 3 RW 6 Desa Padaulun Kec Majalaya Kab Bandung (Pos Ciparay), Sabtu, 29 Desember 2018.

Sementara data Diskar Kab Bandung dalam melakukan pemadaman kebakaran, dari Januari sampai Desember 2018, tercatat lebih dari 311 kejadian kebakaran, dengan korban jiwa 2 orang, dengan aset yang diselamatkan mencapai Rp119 miliar.

“Kebakaran ini lebih disebabkan masih kurangnya kesadaran masyarakat akan bahaya kebakaran. Karena itu kami terus melakukan sosialisasi guna meningkatkan kesadaran masyarakat untuk mengantisipasi dan menekan angka kebakaran,” kata Iwan. ***

Tags

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close