Bale Kab Bandung

Dansektor 5 Buka KKN Tematik Citarum Harum Mahasiswa UPI Bandung

Dansektor 5 Satgas Citarum Harum Kolonel Inf Sumarno membuka kuliah kerja nyata (KKN) saat membuka Tematik Citarum Harum Mahasiswa UPI Bandung di wilayah Sektor 5 dan 21 Citarum Harum, di Aula Kecamatan Solokanjeruk Kabupaten Bandung, Senin (15/7/19). by Pendam Slw

SOLOKANJERUK, Balebandung.com – Dansektor 5 Satgas Citarum Harum Kolonel Inf Sumarno membuka kuliah kerja nyata (KKN) Tematik Citarum Harum Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung di wilayah Sektor 5 dan 21 Citarum Harum bertempat di Aula Kecamatan Solokanjeruk Kabupaten Bandung, Senin (15/7/19).

Dansektor mengapresiasi Rektor dan Ketua LP4M Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung atas perhatian serta dukungannya pada Program Citarum Harum. Pada KKN kali ini, UPI menempatkan 151 mahasiswa di Sektor 5 dan 151 orang di Sektor 21.

Dansektor 5 Citarum Harum Kolonel Inf Sumarno menyatakan Sungai Citarum diutamakan dalam pemenuhan ketersediaan air baku, kebutuhan pengairan, pertanian, peternakan, industri sampai dengan kebutuhan energi listrik.

“Namun DAS Citarum mengalami pencemaran dan kerusakan. Untuk itu, diperlukan pembenahan,” tandas Dansektor 5.

Kol Inf Sumarno menambahkan, Citarum merupakan salah satu sumber dan urat nadi kehidupan masyarakat Jawa Barat termasuk juga DKI Jakarta. Karena itu sejak dicanangkannya Program Citarum Harum, penataan serta revitalisasi ekosistem di DAS Citarum terus dilakukan dan telah menjadi agenda nasional pemerintah pusat.

“Dengan adanya Program Citarum Harum ini, Satgas bekerja dengan prinsip satu kesatuan komando yang didalamnya melibatkan pemerintah, TNI yang bersinergi dengan seluruh stakeholder dan elemen masyarakat,” paparnya.

Menurutnya kegiatan pembersihan dan penataan DAS Citarum serta sosialisasi terhadap masyarakat untuk mewujudkan Citarum yang bersih saat ini sudah terlihat dan menunjukkan hasil yang signifikan.***

Tags

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close