Bale Kab BandungGaya HidupKomunitas

Dede Yusuf Ingin Pramuka Kab Bandung Jadi Nomor 1 di Jabar

Ketua Kwarda Pramuka Jabar Dede Yusuf melantik pengurus Mabicab dan Kwarcab Pramuka Kabupaten Bandung di Gedong Budaya Sabilulungan, Soreang, Rabu (8/3/). by iwa/bbcom
Ketua Kwarda Pramuka Jabar Dede Yusuf melantik pengurus Mabicab dan Kwarcab Pramuka Kabupaten Bandung di Gedong Budaya Sabilulungan, Soreang, Rabu (8/3/). by iwa/bbcom

SOREANG – Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jawa Barat, Dede Yusuf Macan Effendi mendorong Pramuka Kabupaten Bandung menjadi kwarcab nomor satu di Jawa Barat.

Saat ini Pramuka nomor satu di Jawa Barat saat ini digenggam Kabupaten Cianjur, sedangkan Kabupaten Bandung harus puas di urutan kedua terbaik. Padahal, kata Dede, Kabupaten Cianjur bupatinya bukan anggota Pramuka.

“Artinya, dengan dukungan dari Pak Bupati sebagai Ketua Kwarcab Pramuka Kabupaten Bandung, kami dari Kwarda juga sangat mendorong agar Kwarcab Kabupaten Bandung semakin berkembang, semakin maju lagi, bisa menjadi nomor satu di Jawa Barat,” ujar Dede kepada wartawan, usai melantik pengurus Mabicab dan Kwarcab Pramuka Kabupaten Bandung di Gedong Budaya Sabilulungan, Soreang, Rabu (8/3/17).

Di sela kegiatan resesnya, Dede yang juga Wakil Ketua Komisi IX DPR RI ini menyebut kriteria untuk menjadi kwarcab nomor satu antara lain kegiatan di tingkat rantingnya atau kecamatan harus banyak. Selain itu harus ada kegiatan mencakup jumlah peserta didiknya, kegiatan sosial di tengah masyarakat, termasuk sarana prasarana seperti bumi perkemahan, kantor kwarcab, kantor pusdik, dan lainnya. Termasuk dukungan anggaran dari pemerintah daerah setempat.

Peran Pramuka untuk turun membantu masyarakat, terutama ke beberapa wilayah di Kabupaten Bandung yang masih terendam banjir hingga kini masih terus terlaksana. Ia mengklaim miliki tim rescue dengan 400 personel Pramuka yang terlatih dan sudah siap terjun ke medan bencana alam.

“Kwarda Pramuka Jabar sudah membuat Jabar Scout Rescue untuk membantu korban bencana, itu berawal dari Kabupaten Bandung karena kerap banjir di Baleendah dan Dayeuhkolot, dan kita terus memberi dukungan kepada mereka baik itu tenaga, logistik, perahu. Poskonya ada di setiap Kwarcab, malah kita sudah menyebar ke Karawang, Bekasi dan Indramayu,” tuturnya.

Dede pun mengungkapkan saat ini Kwarda Pramuka Jabar merupakan kwarda kedua terbaik nasional. Untuk menjadi kwarda peringkat pertama, kata dia, harus didukung pula oleh kwarcab-kwarcab dengan mengisi kegiatan yang lebih massif lagi.

“Oleh karena itu kami dari Kwarda Jabar mendorong agar kegiatan itu lebih banyak dilaksanakan di kwarcab-kwarcab, bukan hanya di kwarda saja.

Pada kesempatan itu Dede pun menyampaikan untuk Pramuka Award 2017 akan digelar di Kabupaten Bandung. Pramuka Award merupakan pemberian penghargaan kepada tokoh-tokoh Pramuka atau orang yang berjasa bagi Pramuka.

Tags

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close