Dekan FISIP Unpas M Budiana, S.IP M.Si.; Terjun Langsung ke Politik dengan Ikhlas

Jumat, 27 Juli 2018 | 09:49:18 | Penulis : bb1 | 358 Kali dilihat

Muhammad Budiana, S.IP,M.Si, Ketua DPD Paguyuban Pasundan Jawa Barat, Dekan FISIP Universitas Pasundan.

Terjun Langsung ke Politik dengan Ikhlas

Sebagai mahasiswa Universitas Pasundan sekitar tahun 1990-an, waktu itu Budiana muda ikut bergabung di Paguyuban Pasundan. Hingga akhirnya selepas pendidikan S2, ia mendaftar sebagai anggota KPU Kabupaten Bandung lalu terpilih menjadi Ketua KPU Kabupaten Bandung dan Kabupaten Bandung Barat untuk periode 2003-2008.

Pekerjaan utamanya sebagai akademisi dengan mengajar Ilmu Politik di Unpas tetap dilakoninya. Kini M Budiana, S.IP,M.Si dipercaya menjabat Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisip) Universitas Pasundan.

Menjelang masa berakhir kepemimpinannya di lembaga pemilu itu, ayah kandung dari tiga ada ini sudah berniat untuk terjun langsung ke kancah politik. Sebab selama ini dosen Ilmu Politik Unpas itu hanya berada di luar partai. Pengalamannya sebagai Ketua KPU membuatnya terbiasa berkomunikasi dengan para politisi, juga dengan LSM, tokoh masyarakat dan elemen masyarakat lainnya termasuk dengan media.

“Maka sejak periode jabatan saya sebagai Ketua KPU Kabupaten Bandung berakhir, keinginan saya untuk terjun ke politik praktis makin kuat. Saya pun langsung ikut bergabung ke DPC PDI Perjuangan Kabupaten Bandung sejak tahun 2008,” tutur Budi yang kini menjabat Wakil Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Barat ini.

Ia mengaku terjun ke politik praktis dengan ikhlas untuk berjuang demi kesejahteraan rakyat melalui partainya. Budi beralasan bergabungnya dengan PDIP karena partai tersebut merupakan partai tertua dan paling nasionalis. Hingga akhirnya ia mendapat tugas partai untuk maju mencalonkan diri sebagai anggota DPRD Jawa Barat pada Pileg 2014 lalu.

“”Sayang belum bernasib baik, saya gagal terpilih waktu itu. Tapi hal itu tidak mengurungkan semangat saya untuk tetap berpartai sampai hari ini, bahkan sampai mati pun nanti, saya akan tetap berada di PDI Perjuangan dengan tantangan yang sangat berat yaitu respon masyarakat terhadap partai yang masih belum begitu baik kepercayaannya terhadap partai politik,” kata Ketua Paguyuban Pasundan Jawa Barat Bidang Pemuda dan Olahraga ini.

Selain kesibukan di parpol dan menjabat sebagai Ketua Federasi Olahraga Karate Indonesia (FORKI) Jawa Barat, Budi juga diamanahi menjadi Wakil Ketua I Kominte Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Jabar Bidang Organisasi.

Di tengah rangkaian kesibukannya itu, waktu santai ia manfaatkan untuk banyak berkumpul bersama keluarga. “Ini penting sebab di saat hari-hari kerja, keluarga banyak saya tinggalkan. Makanya di hari libur saya berupaya berkumpul bersama mereka. Saya juga mengisi waktu luang saya dengan berolahraga dan mancing,” tutup Budi. *** [iwa]

Ketua DPD Paguyuban Pasundan Jawa Barat Dr Muhammad Budiana; “Pragmatisme-Hedonisme Ancam Kaum Muda”

Berita Terkait