Deklarasi Dukungan Paslongub Ini Diduga Langgar Administrasi

Minggu, 4 Maret 2018 | 19:04:51 | Penulis : bb1 | 262 Kali dilihat

Cagub Jabar No Urut 2 Tb Hasanuddin didampingi Ketua Umum DPP SBSI Prof Muchtar Pakpahan saat deklarasi dukungan SBSI Jabar kepada paslon Hasanah, di Graha Majalaya, Kabupaten Bandung, Minggu (4/3/18). by iwa/bbcom

MAJALAYA – Panwaslu Kabupaten Bandung akan memproses dugaan pelanggaran yang dilakukan Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (SBSI) Jawa Barat yang menggelar deklarasi dukungan terhadap salah satu pasangan calon Gubernur/Wakil Gubernur Jabar. Kegiatan tersebut dinilai tidak memiliki izin karena tidak mengajukan surat kegiatan kampanye kepada pihak kepolisian maupun Panwaslu dan KPU.

Ketua Panwaslu Kabupaten Bandung Ari Haryanto mengatakan, pasangan cagub no urut 2 Tubagus Hasanuddin hadir dalam kegiatan tersebut untuk memenuhi undangan Rapat Kordinasi Wilayah SBSI Jabar.

“Tapi di dalamnya kami temukan ada deklarasi dukungan terhadap cagub nomor 2. Kami dari awal sudah melakukan pencegahan kepada tim kampanye Hasanah untuk tidak melakukan kegiatan-kegiatan yang dilarang dan bisa menjadi temuan pelanggaran,” ungkap Ari kepada wartawan usai Deklarasi Dukungan SBSI Jabar terhadap paslon nomor 2 di Graha Majalaya, Minggu (4/3/18).

Menurutnya, kegiatan deklarasi dukungan SBSI tersebut dari awal tidak ada pemberitahuan kepada Panwas. “Apakah nanti memenuhi unsur pelanggaran atau tidak, kami sedang memprosesnya terlebih dahulu,” kata Ari.

Kendati begitu menurutnya dari pihak Hasanah sendiri tidak menyampaikan materi kampanye dalam kegiatan SBSI tersebut. “Kita sudah catat, sudah rekam apa isi dari yang disampaikan cagub nomor dua, secara eksplisit cagub juga tidak menyebutkan atau menyerukan ajakan untuk memilihnya secara langsung. Dan memang tidak ada bahan kampanye di sini, tidak ada pemasangan alat peraga kampanye (APK),” tukas Ari.

Adapun adanya pekik teriakan dukungan dari para anggota SBSI, hal itu pun akan dikaji lebih lanjut oleh Panwaslu. “Ini dugaannya baru pelanggaran administrasi, karena dari pihak penyelenggara kegiatannya tidak ada pemberitahuan kepada pihak kepolisian, Panwas dan KPU, jadi kita rekomendasikan ke KPU untuk penangannya apakah dalam kegiatan ini ada pelanggaran prosedur,” pungkas Ari.

Sementara Cagub Jabar Nomor 2 Tubagus Hasanuddin berkilah dirinya hadir dalam kegiatan tersebut karena diundang untuk memberikan sambutan.

“Saya datang ke sini sebagai undangan untuk memberikan sambutan di Rakorwil SBSI Jabar. Ternyata di situ mereka juga bersepakat untuk mendukung pasangan Hasanah. Ya, saya mengucapkan terima kasih,” ungkap Kang Hasan. []

Berita Terkait