Dishub Kab Bandung Luncurkan Layanan Mudik Gratis

Kamis, 22 Maret 2018 | 19:00:57 | Penulis : bb7 | 135 Kali dilihat

Kabid Sarana Angkutan Dishub Kab Bandung Hilman Kadar didampingi Kasi Pengembangan Sarana Transportasi, Iis Ratna Komala, menjelaskan Program Mudik Gratis kepada Balebandung.com, Kamis (22/3/18). by aph/bbcom

SOREANG – Dinas Perhubungan Kabupaten Bandung siap menggelar Program Mudik Gratis untuk lebaran tahun ini. Warga Kab Bandung yang mau mudik ke daerah di Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur, sudah bisa mendaftarkan diri pada Senin (26/3) pekan depan.

Kepala Bidang Sarana Angkutan Dishub Kab Bandung, Hilman Kadar menjelaskan syarat-syarat pendaftarannya, salah satunya berlaku bagi warga yang biasa mudik dengan kendaraan umum dan ber-KTP warga Kabupaten Bandung.

‘Kita sudah melakukan langkah-langkah diantaranya melakukan survei untuk mengetahui animo masyarakat dan arah jurusan mudik. Karena sejumlah lokasi mudik yang akan ditempuh ada di jalur selatan dan jalur utara. Jadi, silahkan warga yang mau mudik, daftar mulai 26 Maret hingga 29 Maret mendatang,” terang Hilman kepada Balebandung.com di ruang kerjanya. Kamis (22/3/18)

Mudik Gratis ini menurut Hilman merupakan salah satu upaya pelayanan publik dalam bidang transformasi, serta dalam rangka peringatan Hari Jadi Kabupaten Bandung ke-377. Selain itu karena Kabupaten Bandung belum melakukan layanan mudik gratis, diharapkan tahun 2018 ini bisa melakukan pelayanan Mudik Gratis.

“Untuk pertama kalinya ini kamu akan menyediakan tiga unit bus angkutan dengan enam rit (enam kali pemberangkatan),” ujar Hilman. Layanan Mudik Gratis ini akan dibagi dua jalur, yakni jalur utara dan selatan yang diharapkan bisa melayani pemudik dari Kabupaten Bandung, menuju daerah lain di Jawa Barat hingga Jawa Tengah, bahkan Jawa Timur.

Untuk pemudik tujuan akhir jalur Pantai Utara, rencananya dari Soreang masuk Tol Soroja, Tol Cipali, masuk wilayah Brebes dan berakhir di Semarang. Sedangkan Jalur Selatan dialokasikan untuk pemudik jarak dekat seperti Garut, Tasik, Ciamis, Tegal, dan Pekalongan.

Kasi Pengembangan Sarana Transportasi Dishub Kab Bandung, Iis Ratna Komala menyebutkan persyaratan pendaftaran layanan Mudik Gratis ini. “Para orang tua murid di sekolah-sekolah, terutama orang tua Pelajar Pelopor Keselamatan, karena kita punya anak SMA yang dididik di Dishub, atau orang tua dan guru-guru TK yang sudah melakukan kunjungan profesi ke Dishub serta kecamatan, kita prioritaskan. Jadi, tidak serta merta semua yang mendaftar bisa diterima, tapi ada persyaratan tertentu,” urai Iis.

Termasuk bagi buruh pabrik yang perusahaanya punya poin plus di Dishub seperti rajin uji berkala, uji emisi kendaraanya untuk angkutan barang, juga diprioritaskan untuk mendapat Layanan Mudik Gratis ini. “Di samping tentunya harus menunjukan KTP berdomisi di Kabupaten Bandung, juga masyarakat yang biasa menggunakan angkutan umum misalnya dengan memperlihatkan poto yang sedang naik angkutan umum,” imbuh Iis.

Menurutnya layanan Mudik Gratis ini akan dibuka di lima titik loket pendaftaran, antara lain di Kantor Dishub Kab Bandung, Kantor Kecàmatan Soreang, Kantor Kecamatan Cimenyan, juga di Terminal Cicalengka dan Baleendah. Pendaftaran akan dimulai pada Senin 26 Maret dan akan ditutup pada 29 Maret 2018. (Aph)

Berita Terkait