Dishub Siap Berangkatkan 197 Pemudik Gratis

Selasa, 22 Mei 2018 | 17:47:00 | Penulis : bb1 | 115 Kali dilihat

Seorang calon pemudik menerima tiket gratis dari Dishub Kab Bandung, Minggu (21/5/18). by aph/bbcom

SOREANG – Dinas Pehubungan (Dishub) Kabupaten Bandung siap memberangkatkan sebanyak 197 pemudik secara gratis. Rencananya pemudik itu akan diberangkatkan tanggal 10 Juni oleh Bupati Bandung di Area Gedong Sabilulungan Soreang. Pemberangkatan pertama kalinya ini ekaligus sebagai launching Program Dishub Sasalaman atau Sabilulungan, Salamet, Lancar dan Aman.

Kepala Bidang Sarana Angkutan Dishub Kab Bandung, Hilman Kadar mengatakan, para peserta mudik gratis ini telah lolos seleksi panitia mudik gratis. Hilman menyebut salah satu syarat untuk mengikuti mudik gratis itu harus warga yang biasa menggunakan kendaraan umum saat mudik, dan ber-KTP warga Kabupaten Bandung.

Tujuan pelayanan Mudik Gratis ini sendiri, terang Hilman, jadi salah satu upaya pelayanan publik dalam bidang transformasi serta dalam rangka peringatan Hari Jadi Kabupaten Bandung ke-377.

“Kami sebelumnya menyeleksi mereka yang akan ikut dalam mudik gratis ini. Hasilnya sebanyak 197 pemudik siap untuk kami berangkatkan dengan empat armada bus,” ungkap Hilman di Kantor Dishub Kab Bandung, Selasa (22/5/18).

Sejak Minggu (21/5), imbuh Hilman, para pemudik itu sudah mulai dibagi tiket bisnya. “Tiketnya juga sudah dibagikan sejak hari Minggu kemarin. Mungkin tinggal beberapa orang lagi yang masih belum menerima tiketnya karena di hari kerja itu, para pemudiknya juga kerja,” jelasnya.

Dalam mudik gratis itu, area gedong Sabilulungan menjadi lokasi untuk keberangkatan mereka. Tempat ini dijadikan lokasi peluncuran Program Mudik Gratis mengingat dekat ke ruas jalan Tol Soreang-Pasirkoja (Soroja) yang berada di belahnya Gedong Sabilulungan tersebut.

“Kami memang sudah melaporkan ini kepada Pak Kadishub dan Pak Bupati, bahwa lokasi start pemudik di Gedong Budaya Sabilulungan. Jadi H-5 Lebaran ini, mereka diberangkan Pak Bupati. sekaligus dibekali dengan makanan takjil dan kaos mudik lebaran, kami telah siapkan untuk merteka,” terang Hilman.

Para pemudik telah dicatat pihak Dishub di mana mereka berasal dari kalangan wirausaha 70% dan pegawai pabrik sekitar 30%. Tujuan mereka rata-rata ke Solo Jawa Tengah. Dari jumlah pemudik itu, ada yang bertujuan mudik ke Garut dan Tasikmalaya sebanyak 5 pemudik.

“Untuk pertama kalinya ini kamu akan menyediakan tiga unit bus angkutan dengan enam rit (enam kali pemberangkatan),” ujar Hilman. Layanan Mudik Gratis ini akan dibagi dua jalur, yakni jalur utara dan selatan yang diharapkan bisa melayani pemudik dari Kabupaten Bandung, menuju daerah lain di Jawa Barat hingga Jawa Tengah, bahkan Jawa Timur.

Untuk pemudik tujuan akhir jalur Pantai Utara, rencananya dari Soreang masuk Tol Soroja, Tol Cipali, masuk wilayah Brebes dan berakhir di Semarang. Sedangkan Jalur Selatan dialokasikan untuk pemudik jarak dekat seperti Garut, Tasik, Ciamis, Tegal, dan Pekalongan.***

Berita Terkait