Bale Kab BandungPamong

Distanbunhut Dorong Petani Stroberi Genjot Produksi

Ibu-ibu PKK Kab Bandung bikin jus stroberi
Ibu-ibu PKK Kab Bandung bikin jus stroberi

SOREANG – Dinas Pertanian, Perkebunan dan Kehutanan (Distanbunhut) Kabupaten Bandung berupaya agar produksi buah stroberi para petani di Kabupaten Bandung kembali meningkat. Dalam beberapa waktu terakhir produksi buah stroberi mengalami penurunan cukup signifikan.

“Kami ingin membuat produksi buah stroberi dari para petani di Kecamatan Pasirjambu, Ciwidey dan Rancabali hasilnya kembali meningkat,” kata Kepala Distanbunhut Kabupaten Bandung, Tisna Umaran, Senin (7/3/16).

Tisna menyebut salah satu upaya yang mau dilakukan adalah dengan memaksimalkan peran Petugas Penyuluh Lapangan (PPL) agar lebih intensif lagi melakukan pembinaan terhadap para petani.

Menurutnya mereka harus pro aktif menyelesaikan persoalan dan kendala para petani di lapangan karena itu menjadi tugasnya. Jika ada kendala dan tidak bisa mengatasinya, kata Tisna, bisa melaporkan ke petugas di tingkat kabupaten dan pasti akan ditindaklanjuti.

Guna mempermudah komunikasi antara petani dan PPL ini, semua petani diharapkan mencatat nomor kontak pribadi masing-masing PPL. Sehingga ketika mendapati tanaman stroberinya bermasalah bisa langsung kontak secara pribadi, tanpa harus menunggu prosedur yang rumit atau berbelit-belit.

“Penanganan persoalan itu harus cepat dicarikan solusinya. Kalau PPL tidak bisa mengatasi bisa lapor ke kami di kabupaten. Begitupun jika kami tidak sanggup, maka kami akan minta bantuan ke provinsi ataupun pusat,” ujar Tisna. (fik)

Tags
Show More

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker