Bale Kab BandungPolitik Kab Bdg

DPR Minta KPU Validasi DPT WNI di Luar Negeri

BANJARAN – Ketua Komisi IX DPR RI Dede Yusuf Macan Efendi mengungkapkan banyak warga negara Indonesia (WNI) di luar negeri mengeluh melalui media sosial soal belum menerima panggilan oleh KPU jelang Pemilu 2019.

Pihaknya meminta KPU dan Kementerian Luar Negeriu untuk segera melakukan finalisasi daftar pemilih tetap (DPT) tersebut. Menurut Dede, proses pemungutan suara bagi WNI di luar negeri dilakukan satu pekan lebih awal atau sebelum pelaksanaan di Indonesia.

“Banyak yang mengeluh di media sosial. Masih pekerja imigran kita yang belum mendapatkan panggilan, belum masuk DPT, juga kendala lapangan lainnya seperti jarak tempat tinggal ke KJRI yang membutuhkan biaya mahal untuk perjalanan,” kata politisi Partai Demokrat itu saat kunjungan kerja di Kecamatan Banjaran, Kabupaten Bandung, Rabu (20/3/19).

Dede mengungkapkan pekerja migran yang berada di luar negeri harus mendapatkan hak yang sama dalam menyampaikan hak pilih pada Pemilu 2019. Dia berharap KPU dan Kemenlu menyelesaikan persoalan tersebut.

“Karena masih bayak juga yang belum terdaftar. Masih ditelusuri, mudah-mudahan dalam waktu tidak lama lagi DPT di seluruh dunia sudah final,” ucap Dede.

Ia menuturkan pekerja imigran asal Indonesia ini tersebar di seluruh dunia, namun sebagian besar WNI ini bermukim di Malaysia, Arab Saudi dan Timur tengah. Namun keluhan soal DPT ini justru banyak dari WNI yang berada di Amerika dan Eropa. “Tapi kebenarannya memang harus dikroscek kepada KPU dan Kemenlu,” ujar Dede.***

Tags

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close