Bale Kab BandungPolitik Kab Bdg

DPRD Kab Bandung Dukung Pemekaran KBT

 Ketua DPRD Kab Bandung Anang Susanto

Ketua DPRD Kab Bandung Anang Susanto

SOREANG – Ketua DPRD Kabupaten Bandung Anang Susanto mengatakan untuk pembentukan Kabupaten Bandung Timur (KBT), ada beberapa prosedur dan mekanisme yang harus ditempuh. “Salah satunya harus didukung oleh DPD,” sebut Anang saat ditemui di Gedong Budaya Sabilulungan, Soreang, Rabu (17/5/17).

Anang mengatakan, seandainya pembentukan DOB KBT atas instruksi pemerintah pusat, pihaknya akan membuka tangan.”Dewan sikapnya mendukung saja jika syaratnya mumpuni, jadi kita normatif ya. Masuk dulu ke bupati dari DPD, baru kita bikin rekomendasi, normatif saja tidak perlu dipaksakan,” kata politisi Partai Golkar itu. DPRD Kabupaten Bandung, tandas Anang, tidak akan menolak untuk mendukung aspirasi masyarakat secara normatif dan legal.

Senada dengannya, Bupati Bandung Dadang Naser pun mengaku dirinya menyerahkan segala keputusan terkait pembentukan Kabupaten Bandung Timur (KBT) kepada pemerintah pusat. “Itu kan diurus oleh pemerintah pusat, bukan urusan daerah, sekarang kan sedang moratorium di pusat,” tukas Dadang di tempat yang sama.

Salah seorang tokoh pemuda Kecamatan Rancaekek yang juga Wakil Ketua KNPI Rancaekek, Iwa Ahmad Sugriwa sangat mendukung pembentukan DOB KBT. Alasannya, letak geografis yang terlalu luas berdampak pada pelayanan publik dan pemerataan pembangunan tidak optimal.

“Pelayanan publik seperti administrasi kependudukan dan lainnya sangat berat dirasakan oleh kami yang berada di timur ketika harus ke Soreang. Membutuhkan waktu seharian, itupun urusannya belum tentu selesai,”kata Iwa.

Dengan adanya pemekaran wilayah ini, kata dia, selain mempermudah akses masyarakat Bandung Timur, ini juga akan berpengaruh terhadap penghematan anggaran bagi Pemkab Bandung induk. Contoh kecilnya Pemkab Bandung tidak perlu lagi mengeluarkan biaya operasional pelayanan keliling ke daerah-daerah di wilayah timur.

“Jadi bukan hanya meringankan beban masyarakat saja. Tapi beban Bandung induk juga akan berkurang, karena biaya operasional, pembangunan dan lainnya bisa lebih fokus untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat di wilayah selatan,” pungkasnya.

Tags
Show More

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker