Bale KBBPamong

DPRD KBB Tolak Kereta Cepat

by KCIC
by KCIC

LEMBANG – DPRD Kabupaten Bandung Barat menolak proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung. Bahkan pengajuan revisi Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) di wilayah Walini, Kecamatan Cikalong Wetan, KBB, yang di dalamnya membahas mengenai kawasan yang akan terkena proyek nasional tersebut tidak akan dibahas oleh DPRD.

Ketua DPRD KBB Aa Umbara Sutisna menandaskan proyek KA cepat ini ditolak di KBB. “Dewan sepakat akan menolak pengajuan revisi RTRW terkait kereta cepat,” tegas Aa di Lembang, Selasa (29/8/17).

Kendati ini proyek nasional, namun dirinya tidak mau begitu saja mengikuti aturan dari pusat selama itu berdampak negatif terhadap masyarakat KBB. “Kalau mau lanjut silahkan, tapi jangan melintas di KBB,” tegasnya.

Aa menilai harus ada penelitian kontur tanah wilayah di KBB karena banyak pegunungan, sehingga secara teknis apakah dengan kecepatan kereta di atas 200 km/jam aman atau tidak. “Saya pikir banyak mudaratnya. Apalagi warga KBB nanti hanya akan jadi penonton saja,” ujar Aa.

Saat ini payung hukum untuk RTRW di Walini tengah diusulkan dan masuk dalam pembahasan bersama DPRD dan ditargetkan dapat rampung pada Maret 2018. Dalam Perda itu, nantinya akan dijabarkan lebih detail soal penataan wilayah di area tersebut. (dul)

Tags

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close