Bale Kota BandungPamong

e-Musrenbang Dilaunching Saat Musrenbang

e-musrenbangBANDUNG – Sebagai upaya memberikan palayanan yang baik kepada masyarakat, setiap pemerintah daerah memiliki perencanaan yang berbeda. Pemkot Bandung memiliki keunggulan dalam perencanaan partisipatif. Salah satunya dapat memperbaiki kualitas proses dan hasil pembangunan serta mendorong pengembangan tata pemerintahan yang transparan dan akuntabel.

Sekda Kota Bandung Yossi Irianto mengatakan Pemkot Bandung akan mengadakan musrenbang di bulan Februari, sekaligus akan di-launching juga e-Musrenbang dan sosialisasinya.

“Nantinya dalam acara launching itu sekaligus diadakan juga sosialisasi mengenai e-Musrenbang, manfaatnya agar seluruh RW, camat, lurah bisa lebih memahami serta dapat menggunakannya secara lancar,” terang Sekda.

Menurutnya pemerintah terus berupaya memberikan pembelajaran kepada masyarakat mengenai musrenbang. “Di tahun ini tidak hanya kelurahan dan kecamatan saja yang bisa memasukan input data, tetapi di tingkat RW pun harus bisa melakukannya,”jelas Yossi.

Sekda juga menyampaikan, di jaman modern ini gadget merupakan pegangan yang harus kita gunakan sehari-hari. Musrenbang pun sama, memiliki aplikasi yang bisa diakses.

“Dengan aplikasi e-Musrenbang, setiap usulan rencana pembangunan bisa dimasukan lewat aplikasi tersebut. Fungsi aplikasi ini untuk memudahkan agar rencana yang diusulkan bisa diterima dengan cepat,” jelasnya.

Menurutnya pemkot harus mendekatkan pembangunan kepada objeknya sehingga menghasilkan kebijakan yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat. “Nah, hasil dari itu masyarakat pasti tumbuh rasa memiliki terhadap kebijakan yang ditetapkan,” jelas Yossi.

Dengan Musrenbang inilah satu satunya mekanisme perencanaan yang dijamin berhasil. “Oleh karena itu forum ini berfungsi sebagai konsultasi publik di mana didalamnya terjadi proses negosiasi, rekonsiliasi dan harmonisssi antara pemerintah dan stakeholders,” pungkasnya.

Tags

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close