Bale JabarOlahraga

Emas Terakhir Vinny untuk Taekwondo Jabar

Taekwondoin Vinny Purnawati Yuspendi mempersembahkan medali emas pada hari terakhir pertandingan cabang taekwondo PON XIX di Gymnasium UPI Bandung, Rabu (28/9). by iwa/bbcom
Taekwondoin Vinny Purnawati Yuspendi mempersembahkan medali emas pada hari terakhir pertandingan cabang taekwondo PON XIX di Gymnasium UPI Bandung, Rabu (28/9). by iwa/bbcom

BANDUNG – Taekwondoin putri tuan rumah, Vinny Purnawati Yuspendi, berhasil mempersembahkan medali emas pada hari terakhir pertandingan cabang taekwondo Pekan Olahraga Nasional XIX Jawa Barat. Vinny pun berniat pensiun sebagai atlet setelah ajang ini.

“Ini emas kedua saya, PON Riau lalu saya dapat emas juga. setelah ini saya mau pensiun jadi atlet,” ucap Vinny usai dikalungi medali di Gymnasium UPI Bandung, Rabu (28/9/16).

Lulusan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi, Dharma Agung, Bandung itu mengaku dirinya ingin jadi pelatih taekwondo selepas karirnya sebagai atlet. Dia juga berharap dua medali emas yang telah dipersembahkannya bisa membuat Pemerintah Daerah Jawa Barat memberikannya pekerjaan.

“Ingin jadi Pegawa Negeri Sipil. Sudah mengajukan tapi belum diterima karena katanya belum ada yang untuk jalur atlet,” ujar pemegang sabuk hitam Dan III Kukkiwon itu.

Vinny yang pada PON Riau lalu bertarung di kelas Light, naik ke kelas Middle pada PON kali ini. Di babak final dia berhasil mengalahkan Eka Sahara taekwondoin Kalimantan Timur. Mantan atlet nasional itu harus menghadapi pertarungan ketat di babak semi final dan final. Pada semi final, dia harus bermain hingga babak sudden death melawan taekwondoin Banten, Eka Sari Saputri setelah bermain imbang 2-2 pada tiga babak normal.

Sempat unggul 1-0 dan 4-2 di dua babak awal, taekwondoin 25 tahun itu kecolongan di babak akhir setelah tendangan Eka mendarat sempurna di kepalanya dan membuat kedudukan menjadi 5-6. Namun Vinny yang lebih berpengalaman ketimbang Eka berhasil membalas dengan tendangan ke arah kepala Eka dan membuat kedudukan akhir 8-6.

Dengan medali emas dari Vinny itu, Jabar jadi juara umum cabang Taekwondo PON XIX. Mereka memperoleh 12 dari 20 emas yang diperebutkan sejak hari pertama Ahad lalu. Mereka juga memperoleh 2 perak dan 1 perunggu.

Posisi Kedua ditempati oleh Jawa Tengah yang meraih 2 medali emas 6 perak dan 1 perunggu. Kalimantan Timur, DI Yogyakarta, Sumatera Barat, Jawa Timur, Riau dan Kalimantan Tenggara berbagi 1 emas.

Tags

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close