Bale KBBHumanioraPendidikan

Gerakan Literasi Perlu Model Promosi Minat Baca

Anggota Komisi X DPR RI Dadang Rusdiana memberikan sebuah buku kepada siswi yang jadi peserta talkshow "Gerakan Promosi Baca di Kab Bandung Barat" di Bale Pare Kota Baru Parahyangan KBB ,Senin (17/4). by Badar
Anggota Komisi X DPR RI Dadang Rusdiana memberikan sebuah buku kepada siswi yang jadi peserta talkshow “Gerakan Promosi Baca di Kab Bandung Barat” di Bale Pare Kota Baru Parahyangan KBB
,Senin (17/4). by Badar

PADALARANG – Tingkat literasi (membaca, menulis dan berhitung) perlu terus ditingkatkan melalui kebijakan pemerintah maupun partisipasi masyarakat dalam bentuk pendirian perpustakaan keluarga maupun komunitas.

Anggota Komisi X DPR RI Dadang Rusdiana menyebut perilaku destruktif seperti rendahnya disiplin masyarakat, buang sampah sembarangan, tawuran dan hidup malas diakibatkan oleh rendahnya kemampuan membaca masyarakat.

“Oleh karena itu minat baca atau tingkat literasi harus terus dikuatkan. Inisiatif masyarakat dengan terus mencari model-model promosi minat baca, termasuk menjadikan perpustakaan sebagai pusat kegiatan perlu diapresiasi,” kata Darus, sapaan Dadang Rusdiana, saat jadi narasumber talkshow “Gerakan Promosi Baca di Kab Bandung Barat” di Bale Pare Kota Baru Parahyangan KBB, Senin (17/4/17).

Darus menunjukkan, kreativitas masyarakat yang berbasis perpustakaan seperti pembuatan aneka kerajinan berbahan dasar serat eceng gondok di Perpustakaan Desa Cililin, kemudian usaha pembuatan kue oleh ibu-ibu di Desa Bojong Kec Rongga KBB di perustakaan desa, perlu terus didorong.

“Saya sebagai anggota DPR yang membidangi pendidikan, sangat salut atas apa yang telah dilakukan para pegiat literasi ini,” ucap Darus.

Turut hadir dalam acara “Gerakan Promosi Baca” ini antara lain Sestama Perpusnas, Bupati Bandung Barat Abubakar, serta Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan KBB dan Pemprov Jabar, para penulis, dan Ketua Tim Penggerak PKK Desa Bojong Kec Rongga sebagai pegiat literasi.

Tags

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close