Bale JabarEntertainmentGaya Hidup

Insan Film Bikin Cetak Biru Festival Film Kaum Muda

Penyerahan simbolik cetak biru festival film kaum muda
Penyerahan simbolik cetak biru festival film kaum muda

JAKARTA – Ketua Panitia Hari Film Nasional (HFN) 2016 Niniek L Karim menyerahkan cetak biru festival film kaum muda kepada perwakilan pemerintah. Cetak biru tersebut merupakan gagasan yang dituangkan 80 sineas, akademi, dan perwakilan berbagai kalangan dalam workshop dua hari yang sebelumnya dilakukan.

“Tahun ini, kami ingin mengajukan sesuatu yang sustainable dan berkelanjutan, tidak sekadar pesta atau peringatan,” kata Niniek dalam sambutannya di acara puncak HFN 2016 di Balai Kota DKI Jakarta, Rabu (30/3/16)

Konsep dari cetak biru itu ialah menggandeng para stakeholder perfilman yang punya rasa memiliki terhadap film Indonesia. Festival Film Kaum Muda yang dirancang itu nantinya bakal digarap bersama-sama oleh pemerintah, sineas, dan masyarakat.

Niniek berharap, festival itu bisa mengakomodir para pegiat film muda Indonesia. Ia menyebutkan, terdapat lebih dari 200 komunitas film apresiatif dan aktif di Indonesia yang punya ribuan karya film mumpuni.

“Energi positif itu harus ditampung, dididik, diarahkan, agar Indonesia bangkit dan bersinar. Kita semua juga bisa belajar dari karya-karya mereka,” tuturnya.

Selain penyerahan cetak biru tersebut, puncak HFN 2016 juga diramaikan dengan penyerahan berbagai penghargaan.

Apresiasi diberikan kepada 10 sineas sepuh yang berdedikasi membaktikan diri dalam dunia film serta penganugerahan Piala Antemas untuk tiga film komersial terlaris sepanjang 2015-2016.

HFN 2016 turut mengundang keluarga dari Usmar Ismail, sutradara dan pelopor perfilman di Indonesia. Pihak panitia juga akan memberikan penghargaan kepada sineas Indonesia yang pernah terlibat dalam film karya Usmar Ismail.

“Kita berikan apresiasi kepada sineas yang membaktikan diri selama 10 tahun dan sekarang sudah sepuh. Sebagian dari mereka pun pernah terlibat di film karya Usmar Ismail,“ ucap Niniek.

Niniek menegaskan seluruh rangkaian HFN 2016 harus merakyat sesuai dengan temanya ‘Film Indonesia adalah Kita’.Maka Panitia HFN2016 mengundang seluruh masyarakat untuk hadir pada Pesta Film Rakyat di Taman Menteng tanggal 2 – 3 April 2016 sejak sore sampai malam hari dengan berbagai macam program serta pemutaran film dengan media layar tancap raksasa.

Turut hadir pada puncak HFN 2016 Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaya Purnama (Ahok), Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anis Baswedan dan Menteri Pariwisata Arief Yahya serta para sineas terbaik Indonesia.

Tags
Show More

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker