Bale JabarPamong

Jabar Tingkatkan Kesejahteraan Sosial Lansia

Ketua TP PKK Jabar Atalia Praratya Kamil jadi Keynote Speaker Launching ‘Jabar Ramah Lansia’ diAula Kampus IV UNPAS Setiabudi, Kamis (14/3/19). by Humaspro

BANDUNG – Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Jawa Barat Atalia Praratya Kamil mengatakan, saat ini Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat sedang berupaya meningkatkan kesejahteraan sosial untuk lansia.

“Sebetulnya terkait dengan Jabar Ramah Lansia itu sekarang sedang digodog luar biasa oleh Bapak Gubernur. Semenjak beliau menjadi Walikota ini sudah didorong sedemikian rupa sehingga ada bidang tersendiri di Kota Bandung,” kata Atalia saat jadi Keynote Speaker Launching ‘Jabar Ramah Lansia’ diAula Kampus IV UNPAS Setiabudi, Kamis (14/3/19).

Menurutnya, bagi lansia yang masih potensial, ada upaya peningkatan kesejahteraan sosial yang dapat dilakukan meliputi pelayanan keagamaan dan mental spiritual, pelayanan kesehatan, pelayanan kesempatan kerja.

Kemudian pelayanan pendidikan dan pelatihan, pelayanan untuk mendapatkan kemudahan dalam penggunaan fasilitas, sarana, dan prasarana umum, pemberian kemudahan dalam layanan dan bantuan hukum serta bantuan sosial.

“Tentunya ini bisa menjdi pilot project di Provinsi Jawa Barat termasuk bagaimana lansia benar-benar bahagia, mereka nyaman, dan mereka bisa berkarya juga mengaktualisasikan diri,” ujarnya.

Saat ini lansia di Jawa Barat masih banyak yang tergolong produktif. Presentase angka harapan hidup lansia pun meningkat dari 7% menjadi hampir 10%.

Berdasarkan data dari BPS, jumlah penduduk Lansia di Jabar tahun 2017 sebesar 4,16 juta jiwa atau 8,67% dari total jumlah penduduk. Indeks pembangunan manusia sampai tahun 2017 berada di angka 70,69. Sementara angka harapan hidup laki-laki 70,58 dan perempuan 74,42.

Atalia menambahkan, beberapa inovasi program lansia di Jawa Barat yang sudah berjalan diantaranya, Jabar Nyaah Ka Kolot, Klinik Geriatri di RS Al-Ihsan Jawa Barat, dan Puskesmas Santun Lansia.

“Saya kira sekarang beberapa program juga sudah dilaksanakan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat khususnya. Bagaimana terkait kesehatan mereka dibantu oleh Puskesmas Ramah Lansia yang sudah ada sekitar 80% di seluruh Kabupaten/Kota, kemudian untuk klinik-klinik sudah didorong agar mereka menyiapkan layanan khusus lansia,” kata Atalia.***

Tags
Show More

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker