Politik Jabar

Jawa Barat Tuan Rumah Rapimnas I KPU

BANDUNG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Barat menjadi tuan rumah pelaksanaan Rapat Pimpinan Nasional I antara KPU RI, KPU Provinsi dan KIP Aceh seluruh Indonesia. Kegiatan yang dihadiri seluruh komisioner KPU RI, Ketua KPU dan Sekretaris Provinsi dari seluruh Indonesia tersebut digelar di Hotel Intercontinental, Dago Pakar, Senin (4/3/19).

Ketua KPU RI, Arief Budiman, membuka langsung Rapimnas yang mengambil tema utama tentang “Soliditas Penyelenggara Pemilu, Kunci Sukses Penyelenggaraan Pemilu 2019” tersebut. Dalam sambutannya, Arief mengatakan, tema tersebut menjadi pilihan karena KPU mempunyai misi untuk menyukseskan Pemilu 2019 sesuai asas yang ada, yakni langsung, umum, bebas, rahasia, juru dan adil (Luber dan Jurdil).

Ia menjelaskan, soliditas penyelenggaraan Pemilu 2019 tidak hanya berlaku untuk internal KPU se Indonesia saja, melainkan dengan institusi-institusi lainnya. Menurutnya, soliditas itu penting karena berkaitan langsung dengan proses penyelenggaraan. Seperti soliditas dengan KPU dengan Bawaslu, soliditas KPU dengan pemerintah dan DPR, serta soliditas dengan pihak TNI dan Polri.

“Soliditas itu harus terbangun harus berjalan utuh dan saling memberikan pemahaman yang sama, dari tingkat pusat, provinsi, kabupaten dan kota hingga di tingkat TPS-TPS,” tegas Arief.

Untuk membangun soliditas antar stakeholder, Arief merencakan adanya pertemuan bersama untuk membangun kesepahaman tersebut. “Kalau itu sudah terbangun, saya percaya, semua pelaksanaan akan berjalan lancar,” tambahnya.

Selain membangun soliditas antar penyelenggara menuju kesuksesan Pemilu 2019, Rapimnas tersebut juga akan mengecek persiapan teknis di masing-masing provinsi. Seperti perkembangan proses rekruitmen KPPS, pelaksanaan kampanye, logistik serta yang paling krusial adalah pelaksanaan pemungutan, penghitungan suara dan rekapitulasi (Tungsurakap). Menanggapi hal tersebut, Arief memastikan jika KPU siap melaksanakan Pemilu 2019.

“Sampai pada tahapan kita sudah siap semua melaksanakan. Produksi logistik sementara dan terus berjalan. Kemudian distribusi juga sementara dan terus berjalan, artinya semua masih on the schedule dan on the track,” tegasnya lagi.

Sementara itu, bertindak sebagai tuan rumah, Ketua KPU Provinsi Jawa Barat, Rifqi Ali Mubarok menyampaikan ucapan selamat datang kepada seluruh peserta dari seluruh provinsi di Indonesia tersebut. Ia berharap agar seluruh peserta bisa menikmati suasana tanah Pasundan serta dapat mengikuti Rapimnas dengan riang gembira. ***

Tags
Show More

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker