Jelang Ramadhan, Kang Hasan Ikut Karnaval ‘Munggahan’ di Kabupaten Cirebon

Jumat, 11 Mei 2018 | 19:30:05 | Penulis : bb1 | 197 Kali dilihat

Cagub Jabar no 2 TB Hasanuddin (Kang Hasan), membuka Karnaval Munggahan, di Kec Susukan, Kab Cirebon, Kamis (10/5/18). by HMC

CIREBON – Tradisi munggahan atau kegiatan unik sebelum Ramadhan tiba, dilakukan dengan berbagai cara. Salah satunya, kegiatan Karnaval Munggahan yang sudah jadi tradisi Kabupaten Cirebon.

Menurut Calon Gubernur Jawa Barat nomor urut 2 TB Hasanuddin atau akrab disapa Kang Hasan, kegiatan tersebut merupakan hal positif yang harus terus dipertahankan. Selain menunjukan kekompakan masyarakat dalam menampilkan kreasi seni dan budaya, kegiatan tersebut juga menjadi hiburan menarik, sambil menanti bulan penuh berkah tiba.

“Kegiatan Karnaval Munggahan ini menunjukan sifat kegotong royongan. Selain sebagai hiburan, hal itu juga menjadi pengingat puasa akan segera tiba,” ungkap Kang Hasan usai membuka karnaval, di Kecamatan Susukan, Kabupaten Cirebon, Kamis (10/5/18).

Kang Hasan menambahkan, ada beberapa tradisi yang dilakukan oleh masyarakat Jawa Barat, menyambut datangnya bulan puasa. Diantaranya tradisi ‘toharoh’ atau mensucikan diri melalui mandi besar atau membersihkan lingkungan sekitar. Budaya dan tradisi tersebut menurutnya harus tetap dipertahankan. “Supaya budaya tetap jalan dan akidah tetap terjaga,” imbuhnya.

Tokoh masyarakat Susukan, Kiai Ali Murtado mengatakan, seluruh masyarakat yang hadir, menyambut baik kedatangan mantan anggota Komisi I DPR RI itu pada pagelaran karnaval dua tahunan tersebut. Kiai Ali berharap, kegiatan tersebut akan makin eksis sebagai tradisi yang unik dan positif, dalam menyambut bulan suci Ramadhan.

“Alhamdulillah bisa kedatangan jenderal yang dibanggakan khusus melepas acara dan memberikan semangat. InsyaAllah bisa maju sama-sama ke depan (dengan Kang Hasan),” ucap Ali.

Karnaval tersebut diisi dengan parade budaya dan berbagai kreatifitas seperti patung-patung besar, pertunjukan musik, hingga drama singkat, yang disaksikan ribuan masyarakat sekitar. ***

Berita Terkait