Jembatan Mandalasari Ambles Dilintasi Truk

Monday, 7 August 2017 | 21:02:30 | Penulis : bb5 | 337 Kali dilihat

Jembatan di Kampung Ciraja RT03/12, Desa Mandalasari, Kec Cikalong Wetan, KBB ambruk pada Minggu (6/8). by dul/bbcom
Jembatan di Kampung Ciraja RT03/12, Desa Mandalasari, Kec Cikalong Wetan, KBB ambruk pada Minggu (6/8). by dul/bbcom

CIKALONG – Sebuah jembatan di Kampung Ciraja RT03/12, Desa Mandalasari, Kecamatan Cikalong Wetan, Kabupaten Bandung Barat (KBB) ambruk pada Minggu (6/8/17) petang. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini namun akses jalan penghubung warga di dua kecamatan jadi lumpuh.

Kepala Desa Mandalasari Abey mengungkapkan, sebelum ambruk jembatan yang dibangun pada 1982 melalui program AMD itu sempat mengalami retak-retak. Akibatnya saat dilewati truk jembatan yang memiliki lebar tiga meter dan panjang lima meter ini akhirnya hancur.

“”Jembatan itu tak kuat menahan beban kendaraan sehingga ambruk dan pondasinya juga rusak,” tutur Abey di lokasi kejadian, Senin (7/8/17).

Hingga kini kendaraan roda empat tidak bisa lewat. Sementara warga terpaksa harus bergotong royong membuat jembatan darurat dari bambu agar warga dan motornya bisa melintas. Karena jika harus memutar, warga mesti menempuh jarak lebih dari 10 km, sehingga membuat ongkos dan waktu tempuh menjadi bertambah.

Dia menyebutkan di sepanjang jalur ini terdapat lima desa baik yang berada di Kecamatan Cikalong Wetan maupun Kecamatan Cisarua. Dengan terputusnya jalan warga harus memutar lebih dari 10 kilometer ke Jalan Tagog Apu dan Cisarua. Akibatnya ongkos yang harus dikeluarkan warga menjadi lebih mahal.

“Kami ingin agar jembatan ini segera diperbaiki. Karena kasihan masyarakat aktivitas dan roda perekonomian mereka jadi terganggu,” harap Abey. (dul)

Berita Terkait