Kadispora; Olahraga Tradisional Bisa Berprestasi

Kamis, 6 Desember 2018 | 15:15:32 | Penulis : bb2 | 130 Kali dilihat

Ketua Formi Kab Bandung Hj. Kurnia Agustina Naser didampingi Kadispora Kab Bandung Slamet Mulyana saat peringatan hari jadi Federasi Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (FORMI) Kab Bandung ke-7, di Hutan Rahong Desa Pulosari Kec Pangalengan. by Humas Pemkab

PANGALENGAN – Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Bandung Slamet Mulyana mengatakan, melalui Federasi Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (FORMI) masyarakat bisa lebih berkreasi di bidang olahraga, terutama yang bersifat tradisional.

Hal itu dikatakannya di sela peringatan hari jadi FORMI Kab Bandung ke-7, di Hutan Rahong Desa Pulosari, Kec. Pangalengan, Selasa (4/12/18) lalu.

Kadispora mengenang, dahulu permainan tradisonal hanya kaulinan anak-anak menjelang senja hari, namun kini menjadi olahraga berpertasi yang meningkatkan citra daerah.

“Seperti hadangan, jaman saya kecil itu hanya permainan anak-anak setelah pulang mengaji atau di saat bulan purnama. Tapi sekarang menjadi olahraga berprestasi , dan pada Pekan Olahraga Pemerintah Daerah (Porpemda) 2018 yang berlangsung di Karawang, dari cabang Hadangan Kabupaten Bandung berhasil meraih medali emas,” ungkap Slamet.

Slamet menegaskan, berprestasinya Tim Hadangan Kabupaten Bandung pada Porpemda tidak lepas dari binaan FORMI. Selain itu, kegiatan organisasi masyarakat tersebut sejalan dengan program pemerintah, terutama dalam upaya meningkatkan kesehatan masyarakat melalui olahraga. Sehingga harapnya, tema ulang tahun FORMI “Seribu Aksi Bersama FORMI” jadi langkah awal FORMI dalam upayanya melestarikan olahraga tradisional.

Namun, FORMI harus mampu menciptakan olahraga atau permainan tradisional yang menjadi ciri khasnya kabupaten dengan 280 desa/kelurahan.

”Jadi, FORMI harus terus menggali permainan tradisional yang pernah hidup di Kabupaten Bandung, memasyarakatkannya dan mengupayakannya agar menjadi olahraga yang berprestasi seperti hadangan,” tutur Slamet.

Pada kesempatan itu dia berjani, pihaknya akan mendukung FORMI dalam upaya melestarikan Oltrad. Bahkan upaya pemerintah dalam memasyarakatkan olahraga dan mengolahragakan masyarakat degan hadirnya FORMI mudah terwujud. Itu terbukti setiap hari minggu hampir seluruh masyarakat Kabupaten Bandung berolahraga, baik senam atau hanya sekedar jogging.

“Itu semua hasil kerja kersanya FORMI, yang terus menerus mengajak masyarakat agar mau berolahraga. Secara pribadi saya ucapkan selamat pada FORMI yang kini tengah merayakan hari jadinya,” pungkas Slamet.***

Berita Terkait