Kang Darus Gaungkan Gerakan “Ayo Membaca” Membaca Jadi Langkah Awal Perubahan

Saturday, 12 August 2017 | 12:04:28 | Penulis : bb1 | 146 Kali dilihat

Anggota Komisi X DPR RI Dadang Rusdiana menyerahkan secara simbolis bantuan buku bacaan di TBM Ciluncat Membaca, Kec Cangkuang, Kab Bandung, Jumat (11/8/17). by ist
Anggota Komisi X DPR RI Dadang Rusdiana menyerahkan secara simbolis bantuan buku bacaan di TBM Ciluncat Membaca, Kec Cangkuang, Kab Bandung, Jumat (11/8/17). by ist

ARJASARI – Tingkat literasi Indonesia masih rendah sehingga ini tentunya berpengaruh terhadap daya saing baca. Padahal menurut anggota Komisi X DPR RI Dadang Rusdiana, kunci keberhasilan sebuah bangsa adalah dari ilmu pengetahuan, dan kunci pembukanya adalah membaca.

Legislator DaeraH Pemilihan Jawa Barat II Kabupaten Bandung dan Kabupaten Bandung Barat ini mencontohkan, jazirah Arab yang dulu dikenal sebagai kawasan Jahiliyah berubah total menjadi bangsa yang disegani, mampu menaklukkan Persia dan Rum, ketika Nabi Muhammad melakukan revolusi moral dengan wahyu pertama berisi perintah ” Bacalah ( iqro ) “.

“Jadi, membaca adalah langkah awal melakukan perubahan. Dengan demikian, masyarakat harus didorong untuk gemar membaca, mendiskusikan apa yang telah dibacanya dan mempraktekkannya apa yang telah dipelajari menjadi keterampilan hidup yg bermanfaat, termasuk mengembangkan ekonomi kreatif,” terang Darus, sapaan Dadang Rusdiana di Arjasari, Sabtu (12/8/17).

Atas dasar itu, Darus membuat gerakan ” Ayo Membaca Bersama Kang Darus”, dalam bentuk kegiatan pemberian bantuan buku, berdiskusi di komunitas buku atau taman bacaan, serta promosi atau kampanya membaca di berbagai lapisan masyarakat.

“Gerakan Ayo Membaca ini diawali di SMK Darmabhakti Batujajar, KBB, kemudan Perpustakaan Mesjid Babussalam Lengkong Bojongsoang, juga di komunitas baca Baitul Ulim Arjasari dan Taman Bacaan Ciluncat Membaca, Kecamatan Cangkuang,” urai Darus.

Berita Terkait