Kang Hasan Akan Ubah Sampah Jadi Rupiah dengan Turkamling

Selasa, 3 April 2018 | 20:00:28 | Penulis : bb1 | 106 Kali dilihat

Cagub Jabar no urut 2 TB Hasanuddin (Kang Hasan) saat bertemu pengrajin briket di, Kecamatan Cimaragas, Kabupaten Ciamis, Selasa (3/4/18).by HMC

CIAMIS – Sampah masih menjadi masalah yang belum terpecahkan diberbagai daerah, termasuk Jawa Barat.

Kurangnya inovasi dalam mengelola sampah, menimbulkan berbagai permasalahan seperti banjir hingga polusi udara.

Calon Gubernur Jawa Barat nomor urut 2 TB Hasanuddin atau Kang Hasan menyatakan siap untuk mengelola sampah menjadi hal yang bermanfaat dan mendatangkan pundi-pundi rupiah bagi masyarakat Jawa Barat.

Menurut Kang Hasan, hal tersebut bisa dilakukan dengan pelatihan dan pembinaan dalam mengelola sampah, melalui program Turkamling yang akan digulirkan bersama pasangannya Anton Charliyan (Kang Anton).

Kang Hasan akan mendukung berbagai lapisan masyarakat yang mempunyai kreatifias dalam mengelola sampah menjadi hal yang bermanfaat seperti pengrajin briket.

“Pengrajin Briket ini adalah contoh bahwa sampah bisa jadi duit, dan dijadikan barang yang bermanfaat serts bernilai ekonomis,” jelas Kang Hasan saat bertemu pengrajin briket di, Kecamatan Cimaragas, Kabupaten Ciamis, Selasa (3/4/18).

Kang Hasan menambahkan, para inovator seperti pengrajin briket, akan dirangkul dan diajak untuk berbagi wawasan dan pengalamannya kepada masyarakat Jawa Barat secara luas.

Menurutnya, selain bisa mengatasi permasalah sampah, pengrajin briket juga mampu membuka lapangan kerja dan menghidupkan ekonomi masyarakat sekitar.

“Pengrajin seperti ini perlu kita apresiasi dan harus terus dikembangkan, ini adalah solusi penumpukan sampah di perkotaan,” pungkasnya.

Sementara itu, salah seorang pengrajin briket, Ujang Solihin mengungkapkan rasa bahagianya dikunjungi calon pemimpin Jawa Barat, yang memiliki kepedulian terhadap masalah lingkungan dan merakyat.

Ujang yang juga purnawirawan TNI itu menjelaskan bagaimana proses briket dibuat hingga bisa digunakan sebagai bahan bakar.

Kepada Kang Hasan, Ujang berharap, agar para pengrajin seperti dirinya, terus mendapatkan pembinaan. Sehingga, mampu memberikan manfaat yang lebih besar kepada masyarakat.

“Kedatangan beliau ke tempat pengrajin briket ini menunjukkan kepedulian beliau terhadap masyarakat kecil, dan apa yang beliau sampai semoga terelaisasi dengan baik, kami ini ingin selalu dibina dan dibimbing,” ujar peraih Kalpataru 2010 itu.

Pada kesempatan tersebut, Kang Hasan sempat meninjau berbagai proses pembuatan briket juga menyapa para ibu yang bekerja di tempat tersebut.

Sebelumnya, Kang Hasan juga menyapa warga dan kader PDI Perjuangan Kabupaten Ciamis. []

Berita Terkait