Kang Hasan Sebut Kasus SBL Penipuan Terjahat Berkedok Agama

Selasa, 30 Januari 2018 | 20:45:00 | Penulis : bb1 | 212 Kali dilihat

Bacagub Jabar dari PDI Perjuangan Tubagus Hasanuddin. by HMC
Bacagub Jabar dari PDI Perjuangan Tubagus Hasanuddin. by HMC

BANDUNG – Dugaan penipuan modus umrah serupa First Travel yang dilakukan oleh perusahaan jasa perjalanan umrah dan haji dengan nama PT Solusi Balad Lumampah (SBL), jadi perhatian Calon Gubenur (Cagub) Jawa Barat Tubagus Hasanuddin.

Pria yang akrab disapa Kang Hasan ini menilai modus penipuan tersebut merupakan penipuan terjahat berkedok agama. Ia pun meminta aparat penegak hukum mengusut tuntas semua pihak yang terlibat terutama bos perusahaan yang berinisial AJW.

“Harus diusut tuntas. Tak menutup kemungkinan kasus ini melibatkan banyak orang,” kata cagub yang diusung PDI Perjuangan ini.

Dari ekspos kasus ini di Mapolda Jabar disebutkan, sebanyak 30.237 orang sudah mendaftar dan membayar biaya umrah dan haji dengan nilai total dana yang dikumpulkan Rp900 miliar. Tetapi baru 17.383 orang yang diberangkatkan, sisanya sebanyak 12.845 orang belum diberangkatkan.

“Tentunya prihatin, dan Ini harus menjadi perhatian banyak pihak. Kasian para jamaah,” ujar Kang Hasan.

Kang Hasan pun mengapresiasi pihak kepolisian karena cepat menangani persoalan yang menimpa belasan ribu warga ini. “Polisi kita sangat responsif. Kita dukung terus. Karena ini kejahatan yang gak bisa ditolelir,” ujarnya.

Diketahui PT SBL meraup uang sebanyak Rp300 miliar dari jamaah yang belum berangkat. Uang itu rupanya digunakan oleh tersangka untuk kepentingan pribadi.

Penyidik pun melakukan penyitaan barang yang tidak bergerak bangunan di wilayah Bandung seperti di daerah Dewi Sartika, Antapani, dan Dago. []

Gagal Berangkatkan Jamaah, Aset SBL Disita Polda Jabar

Berita Terkait