Kang Hasan Siap Aktifkan Koperasi Nelayan Biar Tak Terjerat Utang

Jumat, 27 April 2018 | 09:04:58 | Penulis : bb1 | 108 Kali dilihat

Cagub Jabar no 2 Tubagus Hasanuddin (Kang Hasan) bersama nelayan Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kab Garut saat berkunjung ke TPI Santolo, Kab Garut, Kamis (26/4/18). by HMC

GARUT – Wisata Gurilap Atau Wisata Gunung Rimba Laut dan Pantai Calon Gubernur Jawa Barat Nomor Urut 2 terus menghimpun berbagai keluhan dan masalah yang dihadapi masyarakat Jawa Barat (Jabar) Selatan.

Usai mendengar aspirasi Forum Presidium Pemekaran Di Jabar Selatan, Kamis (25/4/18) Kang Hasan menyambangi Nelayan Santolo di TPI Santolo, Desa Citeureum, Kecamatan Santolo, Kabupaten Garut.

Sampai di TPI Santolo, Calon yang mengusung tagline Hasanah itu di dlkerubuti puluhan nelayan yang siap menyampaikan aspirasinya. Salah satunya adalah Nelayan Sepuh Abah Asam yang menyampaikan tentang keterbatasan infrastruktur.

“Dermaga tempat kami menepi juga belum layak, Pak. Lalu asuransi yang dijanjikan pemerintah pusat saat ini tertahan,” ungkap Abah Asam. Abah Asam berharap Kang Hasan bisa menyelesaikan persoalan yang dihadapi nelayan Garut.

Sementara Kang Hasan mengungkapkan permasalahan yang dihadapi oleh para nelayan cukup komplek, sehingga membutuhkan pemimpin yang mengerti kebutuhan para nelayan. Nelayan seringkali terabaikan oleh pemerintah baik dari pembangunan ekonomi maupun infrastrukturnya.

Pria yang pernah menjadi ajudan Presiden Habibie itu menerangkan, dirinya siap membangun infrastruktur yang dibutuhkan oleh nelayan seperti pelabuhan, serta memenuhi kebutuhan petani untuk melaut.

Menurutnya, nelayan sebagai tulang punggung perikanan nasional, harus memiliki kehidupan yang layak dan sejahtera. “Kami telah menciptakan program yang terukur dan terjangkau. Misalnya menyiapkan cold storage, dan subsidi nelayan,” jelas Kang Hasan.

“Soal kebutuhan nelayan seperti pelabuhan atau alat tangkap itu hal wajar, karena mereka menggantungkan hidupnya dari hasil laut, maka negara harus hadir untuk membantu mereka,” ungkapnya usai meninjau Dermaga Cilautereun, TPI Santolo.

Kang Hasan juga akan mengaktifkan kembali koperasi nelayan Santolo untuk mengembangkan usaha para nelayan. “Soal koperasi juga penting itu, agar nelayan bisa mandiri tidak terjerat hutang,” tandas Kang Hasan.

Pada kesempatan tersebut, Kang Hasan dan para nelayan TPI Santolo juga berbincang terkait masalah asuransi kecelakaan nelayan, yang menjadi jaminan bagi keberlangsungan hidup para nelayan ketika terjadi kecelakaan saat melaut.

Ketua Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kabupaten Garut, Lukmanul Hakim menyampaikan, cagub yang juga mantan anggota Komisi I DPR RI itu, memiliki kepedulian tinggi terhadap kesejahteraan para nelayan. Sehingga antusiasme Kang Hasan untuk mendengar aspirasi nelayan Santolo tersebut, patut diapresiasi dan didukung.

Lukman menegaskan, nelayan di Kabupaten Garut, khususnya nelayan Santolo yang berjumlah 4.000 lebih siap memenangkan Hasanah di Jawa Barat. Sebab menurutnya dengan sosok jenderal yang tegas disiplin, ia yakin Kang Hasan berani membantu nelayan.

“Alhamdulillah selama ini belum pernah kedatangan calon Gubernur ke wilayah kami. Baru Kang Hasan yang mau mendengar dan kami sangat bahagia. Hanya beliau yang serius terhadap permasalahan nelayan yang sangat komplek. Kami akan total mendukung,” ungkap Lukman. ***

Berita Terkait