Bale Kab BandungPeristiwa

Kapolri Evaluasi Arus Mudik-Balik di Jawa Barat

Kapolri Jenderal Tito Karnavian saat evaluasi arus mudik-balik Lebaran 2017 di Pos Polisi Cileunyi, Kabupaten Bandung, Jumat (30/6). by TAM/bbcom
Kapolri Jenderal Tito Karnavian saat evaluasi arus mudik-balik Lebaran 2017 di Pos Polisi Cileunyi, Kabupaten Bandung, Jumat (30/6). by TAM/bbcom

CILEUNYI – Kapolri Jenderal Tito Karnavian mengapresiasi kinerja jajarannya serta kerjasama stakeholder dalam penanganan arus mudik lebaran 2017 di Pos Polisi Cileunyi, Kabupaten Bandung, Jumat (30/6/17).

Menurut dia, masalah arus mudik lebaran yang terjadi di Tol Brebes Exit bisa diurai setelah dibangun jalur fungsional dari Brebes Timur ke Gringsing dan fly over dalam jangka satu tahun ke belakang.

“Dengan demikian lintasan kereta api tidak mengganggu, kita sudah lihat hasilnya dan alhamdulillah lancar semua arus mudik,” ucapnya.

Sedangkan untuk arus balik sendiri, imbuh Tito, Polri masih menanganinya secara manual. Sebab masih ada beberapa permasalah utama, khususnya di jalur selatan Jawa Barat, yakni kawasan Gentong, Malangbong dan Nagreg, serta titik pertemuan arus tol antara Cipularang dengan Cipali.

Menurut Kapolri, kepadatan di jalur selatan mulai dari kawasan Gentong hingga kawasan Nagreg, disebabkan oleh topografi, di mana jalan yang berkelok-kelok dan naik turun, serta permasalahan pasar tumpah dan tempat peristirahatan, yang hingga kini perbaikan infrastrukturnya masih belum maksimal.

“Oleh sebab itu semua personil kepolisian pun akan selalu disiagakan di titik kepadatan tersebut dan melakukan pagar betis selama dilakukan sistem buka tutup jalur dan one way,” tandas Tito.

Bahkan menurutnya ada yang berselfie ria dan mereka berhenti di terowongan Lingkar Nagreg. “Sekarang kita lihat relatif belum ada perbaikan infrastruktur yang signifikan seperti penyelesaian di Brexit untuk Gentong dan Nagreg. Artinya, kami lebih banyak pengaturan manual untuk Gentong dan Nagreg ini yakni seperti mengatur pasar tumpah dengan menjaga agar pedagang tidak sampai ke jalan dan kami berlakukan manajemen lalu lintas satu jalur,” terang Kapolri.

Tito berharap agar warga yang sedang menggunakan jalur, saat diadakannya rekayasa lalulintas karena terjadi kepadatan, agar bisa lebih bersabar demi kelancaran dan keselamatan pengendara.

Dalam pantauan langsung dan menggelar evaluasi terkait arus mudik serta balik lebaran tahunini di Cileunyi, Kapolri yang didampingi Menteri Perhubungan Budi Karaya Sumadi, serta Menteri Kesehatan Nila Juwita Moeloek menilai arus mudik di Jabar kali ini berjalan lancar. TAM

Tags

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close