Kasih Palestina Salurkan Donasi untuk Pengungsi Palestina dan Launching Program

Minggu, 11 Maret 2018 | 09:11:54 | Penulis : bb9 | 216 Kali dilihat

Kasih Palestina menggelar pelepasan rombongan donatur yang akan menyerahkan donasi secara langsung untuk para pengungsi Palestina yang berada di Kota Kilis, Turki, bertempat di Hotel De’Rain, Bandung, Sabtu (10/3/18).

BANDUNG – Lembaga sosial dan kemanusiaan Kasih Palestina (KP) menggelar pelepasan rombongan donatur yang akan menyerahkan donasi secara langsung untuk para pengungsi Palestina yang berada di Kota Kilis, Turki.

Pelepasan ini disertai peluncuran (launching) sejumlah program edukasi/kajian kepalestinaan dan program bantuan terbaru Kasih Palestina, di Hotel De’Rain, Bandung, Sabtu (10/3/18).

“Kami memfasilitasi donatur untuk menyalurkan donasinya secara langsung kepada para pengungsi Palestina yang ada di Turki dan sekitarnya. Ada sekitar lima donatur yang akan berangkat menyalurkan bantuan ini,” tutur Direktur Kasih Palestina Caca Andika.

Menurut Caca, menyalurkan donasi secara langsung tentu memiliki kesan yang berbeda. Program bertema “The Journeyof Empthy#2” ini merupakan kali kedua KP memfasilitasi donatur untuk menyalurkan langsung donasinya kepada pengungsi Palestina. “The Journeyof Empathy#1 telah dilaksanakan pada awal Desember 2017 lalu. Selain melepas rombongan donatur, KP juga meluncurkan beberapa program donasi.

“Tujuan launching ini adalah untuk memberitahukan kepada masyarakat tentang produk edukasi/kajian dan program bantuan untuk Palestina. Karena masyarakat menurut saya perlu memahami mengenai keberkahan dalam berdonasi ke Palestina yangdi sana ada Masjid Al-Aqsha sebagai kiblat pertama, tempat Isra Mi’raj Rasulullah. Dan masih banyak keistimewaan lainnya,’’ jelas Caca.

Acara ini juga dimeriahkan oleh penampilan penyanyi balada Ferry Curtis dan komedian kawakan Azis “Gagap”. Ferry membawakan lagu ‘Sahabat Cahaya’ dan ‘Ilalang Terbakar’ yang menceritakan mengenai penderitaan para pengungsi Palestina.

Saat ini, kata Caca, kondisi para pengungsi Palestina tengah dalam kondisi mengkhawatirkan. Akibat blokade dan penjajahan yang berkepanjangan, para pengungsi mengalami krisis air bersih, listrik dan pangan. Oleh karena itu, pihaknya meluncurkan program Bantuan 1 Juta Liter Air Bersih, 100 Ribu Liter Solar untuk Penerangan, 2.000 Paket Musim Dingin, 100 Ribu Paket Buka Puasa Ramadhan 1439 H, 100 Ribu Paket Sahur 1439 H, 10 Ribu Parcel Lembaran hingga Program 100 Kambing untuk Qurban di Al Aqsha.

’Kami akan mengajak para donatur dan masyarakat lainnya untuk memberikan donasi terbaiknya untuk saudara-saudara kita di Palestina,’’ungkap Caca.

Selain program donasi, KP pun mensosialisasikan program-program edukasi seperti 7 Seri Kajian Palestina; Al Quds Parenting; Spesial Kajian Isra Mi’raj; Hapalan Quran ala Gaza; dan Kajian 40 Hadis Baitul Maqdis.

Bagi umat Islam Palestina juga sangat penting, di sana ada masjid Al-Aqsha sebagai kiblat pertama, tempat Isra Mi’raj Rasulullah. Dan masih banyak keistimewaan lainnya,” tutur Caca.

Sementara itu, Ketua Rombongan “The JourneyOf Empathy#2”, Lukman Hakim mengatakan, ia dan lima donatur lainnya akan berangkat ke Turki pada Senin dini hari (12/3/18). Kelima donatur itu perwakilan dari perusahaan, sekolah, dan ada yang atas nama pribadi.

“Yang pribadi itu inisiatif sendiri, seorang ibu dari Balikpapan. Dia menggunakan ongkos sendiri karena sangat ingin menyaksikan langsung kondisi terkini pengungsi di Turki selatan,” ungkap Lukman.

Ia mengatakan, bantuan ini diserahkan secara simbolis kepada korban konflik Palestina yang tersebar di beberapa negara. “Bagi Anda yang ingin membantu saudara-saudara kita di sana bisa melalui kami atau bisa juga secara langsung ke lokasi pengungsiaj dengan didampingi oleh kami,” tutur Lukman. []

Berita Terkait