Bale CimahiHankam

Kesemestaan Perjuangan Kemerdekaan Tergambar di Palagan Ambarawa

Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Tri Soewandono didampingi istri memotong tumpeng Peringihatan Hari Juang Kartika ke-73, di Lapangan Brigif 15/Kujang II Jln. Terusan Sudirman Kota Cimahi, Sabtu, (15/12/18). by Pendam Slw

CIMAHI – Peringihati Hari Juang Kartika ke-73, Prajurit Kodam III/Siliwangi menggelar upacara di Lapangan Brigif 15/Kujang II Jln. Terusan Sudirman Kota Cimahi, Sabtu, (15/12/18).

Penyelengaraan peringatan Hari Juang Kartika bertujuan untuk melestarikan nilai kejuangan yang telah dilaksanakan Angkatan Darat dalam pengabdiannya selama ini kepada TNI, Bangsa dan Begara.

“Tema Hari Juang Kartika tahun 2018 yaitu “ TNI Angkatan Darat Mengabdi dan Membangun Bersama Rakyat ”, Sangat tepat merepresentasikan komitmen Prajurit TNI AD dalam mengemban amanat perjuangan rakyat untuk membela kepentingan seluruh rakyat Indonesia,” kata Kasad Jenderal TNI Andika Perkasa dalam amanatnya yang dibacakan Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Tri Soewandono.

Menurut Kasad, Torehan tinta emas peristiwa Palagan Ambarawa dalam sejarah perjuangan Bangsa Indonesia menunjukkan kesemestaan perjuangan kemerdekaan yang melibatkan para pemuda serta masyarakat Ambarawa melawan kekuatan kolonial Belanda.

“Semangat patriotisme dan nasionalisme yang dibungkus dengan keberanian, keikhlasan, serta kerelaan berkorban dalam menghadapi musuh yang jauh lebih kuat, mampu menghantarkan para pejuang bersama rakyat mempertahankan kemerdekaan Indonesia ” ungkap Kasad.

Upacara peringatan Hari Juang Kartika di wilayah Kodam III/Siliwangi diikuti seluruh Prajurit dan perwakilan PNS Jajaran Kodam III/Siliwangi, Kopassus, Kostrad dan pelajar SMK Kartika Siliwangi.

Tampak hadir pada upacara tersebut, Kasdam III/Siliwangi Brigjen TNI Nurchahyanto, M.Sc, Wakapolda Jabar Brigjen Supratman, para Pejabat dan Perwira Kodam III/Siliwangi, Kapolres dan Wakil Wali Kota, Ketua Persit KCK PD III/Siliwangi Ny. Wiwik Tri Soewandono dan tamu undangan lainnya.

Usai melaksanan Upacara pokok di lanjutkan dengan pemberian tali asih oleh Pangdam III/Siliwangi kepada Warakawuri, Veteran Pejuang dan warga sekitar yang tidak mampu.

Selanjutnya Pangdam meninjau pelaksanaan khitanan massal gratis yang diikuti 73 orang anak, pengobatan umum gratis diikuti 50 orang dan donor darah 218 orang.

Pada kesempatan tersebut, Pangdam III/Siliwangi melaksanakan penghijauan dengan secara simbolis menanam pohon mangga harum manis.

Sementara itu, di Balai Pertemuan Dokter Rd Kornel Singawinata Rumkit Dustira Cimahi, pada saat yang bersamaan di gelar bakti Operasi Katarak, Operasi Bibir Sumbing, Donor Darah dan pembagian Kaca Mata gratis, kerjasama Kodam III/Siliwangi dengan Rumah Sakit Cicendo Bandung, Berlico Farma, dan selaras.

Peringatan Hari Juang Kartika ke-3 tahun 2018 ditandai dengan pemotongan tumpeng yang diberikan kepada Prajurit berprestasi yaitu Sertu Sigit Santosa dari Yonarmed 4 dan Pratu Wiryawan Jaya Subangkit dari Yonif Raider 300/BJW. ***

Tags
Show More

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker