Bale Kab BandungPolitik Kab Bdg

Ketua Panwascam Rancaekek Yeni Herlina; “Jangan Sepelekan Tugas PTPS”

Ketua Panwascam Rancaekek Yeni Herlina (kiri) memberi selamat kepada PTPS yang dilantik, di Graha Al Masoem Jl Dangdeur Rancaekek, Kabupaten Bandung, Senin (25/3/19). by fajrin/ panwascam

RANCAEKEK – Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) Rancaekek melantik 513 Petugas Tempat Pemungutan Suara (PTPS), di Graha Al Masoem Jl Dangdeur Rancaekek, Kabupaten Bandung, Senin (25/3/19).

Ke-513 PTPS yang direkrut dari 14 desa/kelurahan se-Kecamatan Rancaekek itu dilantik dan diambil sumpah oleh Ketua Panwascam Rancaekek Yeni Herlina, setelah melalui proses perekrutan mulai dari pengumuman sampai pendaftaran, pemberkasan, analisa berkas administrasi sampai dengan proses wawancara.

“Para calon PTPS yang direkrut merupakan hasil rapat pleno dari Komisioner Panwascam Rancaekek. Kami mengucapkan selamat kepada bapak-bapak dan ibu-ibu yang telah memenuhi syarat untuk lulus, karena dari sekian banyak calon PTPS yang melamar itu tidak semuanya memenuhi syarat (TMS) setelah melalui proses perekrutan,” ucap Yeni dalam sambutannya.

Yeni menandaskan untuk selanjutnya peran PTPS akan sangat strategis dalam Pileg dan Pilpres ini dengan pekerjaan yang tidak mudan dan tanggungjawab yang amat besar pula. Yeni mengingatkan agar tidak menyepelekan tugas dari PTPS.

“Jangan sekali-kali menyepelekan tugas dari PTPS. PTPS bukan sekadar pelengkap TPS, melainkan ujung tombaknya pengawasan dan kesuksesan pemilu. Selain dituntut untuk tetap netral dalam Pemilu, PTPS juga memiliki tanggung jawab yang sangat besar dengan tugas yang sangat berat. Dari PTPS lah yang berhak menentukan ada atau tidaknya pemungutan suara ulang (PSU), termasuk ada atau tidaknya kecurangan dalam pemilu,” tegas Yeni.

Yeni mengatakan pelantikan PTPS harus dilakukan 25 Maret, dengan dasar Perbawaslu No 19/2017 di mana masa kerja PTPS adalah 23 sebelum hari H Pemilu dan H+7 pasca pemilu. Setelah dilantik, PTPS akan memgikuti bimbingan teknis dan penajaman tugas pokok dan fungsi serta wewenang dari PTPS, termasuk bimtek simulasi pungut hitung dan kode etik pengawas.

Tags
Show More

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker